Kamis, 14 Januari 2010

Ketiga Putriku





Foto ketiga putriku.  Dita (Jakarta Timur, 29 Maret 1992 - Kelas XII SMA 1- IPS), Monika (Jakarta Barat, 12 Juli 1998 - Kelas 5 SD Bumirejo V-Kebumen), dan  Adelia (Kebumen, 24 Agustus 2007)

Anakku yang ke-2


Anakku saat action di panggung. Anakku yang ke-2 ini kini di SD N 5 Bumirejo Kebumen. Pernah menjadi juara Model Favorit saat kelas III SD. Dia lahir di Jakarta Barat pada Minggu Pon, 12 Juli 1998.

Ini adalah putri ke - 3 kami

 
 photo created by: sevenfold zero-zero
Anak ke-3 kami lahir di Kebumen pada Jumat Pon, 24 Agustus 2007.

Pendalaman Soal Latihan UN 2010

PENDALAMAN SOAL BAHASA INDONESIA LATIHAN UJIAN NASIONAL 2010
SMP NEGERI 3 KEBUMEN
TP 2009/2010
Sumber: Agupena, Purworejo
 


SKL: Menentukan isi paragraf dan bagian-bagian paragraf suatu artikel

Uraian materi
Paragraf adalah seperangkat kalimat yang tersusun secara logis dan sistematis yang mengandung satu kesatuan ide pokok.
Biasanya paragraf itu terdiri atas beberapa kalimat yang berkaitan baik isi maupun bentuknya. Isi kalimat-kalimat pembangun paragraf itu membentuk satuan pikiran sebagai bagian dari pesan yang disampaikan penulis dalam karangannya. 

Jadi, dengan kata lain paragraf adalah satuan terkecil dari karangan yang biasanya terdiri atas beberapa kalimat yang berkaitan dan merupakan uraian dari sebuah ide pokok.

Kalimat dalam sebuah paragraf harus memiliki kohesi, yaitu tarik menarik antarkalimat dalam paragraf sehinngga kalimat-kalimat itu tidak saling bertentangan, tapi tanpak menyatu dan bersama-sama mendukung pokok pikiran sehingga paragraf itu padu.

Bagian-bagian paragraf:
• Awal paragraf (kalimat pembuka)
• Isi paragraf
• Akhir paragraf (penutup)

Syarat sebuah paragraf:
• Terdapat ide pokok dan gagasan yang terangkum dalam sebuah kalimat

   utama.
• Adanya kalimat penjelas yang memberikan keterangan terhadap kalimat

   utama.
• Terdapat diksi atau pilihan kata yang baik.
• Adanya koherensi atau keterkaitan antar kalimat.

Fungsi paragraf:
• Sebagai penampung dari sebagian kecil jalan pikiran atau ide pokok

   keseluruhan paragraf.
• Memudahkan dalam pemahaman jalan pikian/ide pokok pengarang.
• Memungkinkan pengarang melahirkan jalan pikirannya secara sistematis.
• Mengarahkan pembaca dalam mengikuti alur pikiran pengarang serta

   memahaminya.
• Alat menyampaikan fragmen pikiran.
• Penanda pikiran baru mulai berlangsung.
• Dalam rangka keseluruhan karangan paragraf dapat berfungsi sebagai

   pengantar, transisi, dan penutup.





Contoh soal:
Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia bukan hanya dirayakan dengan pesta rakyat. Selama ini 17 Agustus diperingati dengan pesta-pora. Sebenarnya itu tidak pantas. Alasannya, untuk merebut kemerdekaan banyak sekali pahlawan yang rela mengorbankan jiwa, raga, dan hartanya. Pokoknya, sebelum kemerdekaan tidak ada yang namanya karnaval, perlombaan, ataupun pentas seni. Situasi yang dihadapi justru perjuangan dan keprihatinan.
Isi dari paragraf diatas adalah…
a. Situasi perjuangan yang memprihatinkan.
b. HUT RI yang dirayakan dengan karnaval dan pentas seni.
c. Pahlawan rela berkorban jiwa dan harta demi merebut kemerdekaan.
d. Peringatan HUT RI tidak pantas dengan hanya mengadakan pesta-pora.
Pembahasan:
Paragraf diatas menentang perayaan HUT RI yang hanya dengan mengadakan pesta rakyat. Karena pahlawan telah rela berkorban apasaja demi terwujudnya kemerdekaan RI. Seharusnya kita menghayati dan menggenang jasa para pahlawan tersebut.
Maka jawaban yang paling tepat adalah: d


SOAL-SOAL
1   … Betapa tidak, rempah satu ini sudah dikenal orang sejak 2.700 sebelum  masehi. Dewasa ini, tanaman asal Asia ini telah banyak digunakan dalam berbagai industri. Sayangnya di Indonesia tanaman ini belum dikembangkan dengan baik. Padahal, dengan meningkatnya kebutuhan tanaman ini di pasaran dunia, perlu dipikirkan pengembangannya di tanah air. Apalagi tanaman ini tidak sulit dibudidayakan secara intensif.
Kalimat yang cocok untuk melengkapi awal paragraf diatas adalah....
a. Marilah bertanam kayu manis.
b. Oleh karena itu, seharusnya di Indonesia dikembangkan juga budidaya

        tanaman ini.
     c. Kayu manis tercatat sebagai salah satu rempah tertua di Cina.
     d. Kayu manis merupakan komoditas ekspor yang potensial.

2. Memperingati hari bersejarah, tidak cukup dengan hanya melakukan acara 
    seremonial dengan iringan kegiatan-kegiatan yang bersifat perlombaan. 
    Melalui peristiwa sejarah, kita mengetahui, meresapi, serta menghayati jiwa
    dan semangat dari peristiwa sejarah itu sendiri. Dengan demikian, kita
    mengetahui pula mengapa tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari  
    bersejarah.
Isi dari penggalan artikel di atas adalah…
a. Acara seremonial yang diadakan untuk memperingati hari bersejarah.
b. Peringatan hari bersejarah dengan diiringi kegiatan-kegiatan bermanfaat.
c. Kita harus mengetahui tanggal dan hari bersejarah.
d. Memperingati hri bersejarah harus menjadi perhatian utama.


3. Untuk jangka pendek, pilihan reklamasi pantai adalah tawaran yang menarik untuk segera dilaksanakan. Daya tarik investasi dengan segala bentuk penawarannya akan lebih menggiurkan Pemerintah Propinsi DKI dibandingkan dengan dampak lingkungan yang akan ditimbulkannya. Dampak lingkungan terbesar yang diperkirakan membawa pengaruh adalah terganggunya ekosistem wilayah pesisir Pantura Jakarta.
Ide pokok paragraf dari cuplikan artikel diatas terdapat pada bagian…
a. Awal paragraf
b. Akhir paragraf
c. Awal dan akhir paragraf
d. Tengah-tengah paragraf


4. Lalat kemungkinan besar menjadi vektor mekanis, yaitu dapat menyebarkan virus dari tempat yang satu ketempat yang lain sebatas kemampuan terbangnya. Lalat mampu terbang sampai 15 kilometer. Kemingkinan besar lalat itulah yang menularkan virus kepada unggas.
Isi dari artikel di atas adalah…
a. Lalat adalah vector mekanis.
b. Lalat mampu terbang sampai 15 kilometer.
c. Lalat bisa menjadi penyebar virus.
d. Unggas terkena virus dari lalat.


5. Menulis resensi buku kumpulan cerpen berbeda dengan buku non fiksi(buku ilmiah) (1). Jika menulis resensi buku non fiksi yang lebih berperan adalah pemahaman terhadap masalah yang dikemukakan. Dalam menulis resensi buku kumpulan cerpen, daya apresiasi dan penghayatan lebih banyak berperan(2). Misalnya, kita dapat menilai bagaimana pengarang memilih tema cerita (3). Bagaimana seorang pengarang secara detail menceritakan pribadinya sejak awal (4). Bagaimana pengarang dan menggambarkan tokoh dan perwatakan untuk merealisasikan tema, merangkai alur yang menarik,dan menjalin dialog dengan gaya bahasa tertentu.
Kalimat yang kurang menunjukkan kepaduan gagasan (kalimat sumbang) dengan paragraf tersebut adalah kalimat…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4


6. Pada era globalisasi, hamper setiap orang tidak hanya diperkotaan, tetapi juga di pedesaan, dengan mudah dapat memenfaatkan telepon. Penduduk di pedesaaan tinggal mendatangi sarana pelepon umum atau warung telekomunikasi (wartel) untuk berkomunikasi dengan orang lain di tempat yang berjauhan. Wartel, pada saat ini, ada yang telah dilengkapi sarana internet yang dapat digunakan oleh masyarakat.


    Kalimat penutp yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah…
a. Dengan demikian, kehidupan pada era globalisasi menghendaki  

        pelayanan yang serba cepat.
b. Pendek kata, teknologi komunikasi menyediakan sarana komunikasi yang  

        canggih.
c. Dengan demikian, segala aktivitas menjadi lancer dengan adanya

        teknologi yang canggih di bidang komunikasi.
d. Pendek kata, untuk memperoleh sarana komunikasi yang jauh lebih maju

        jadi kian mudah.


Perhatikan kutipan artikel berikut!
Saat tubuh mencerna makanan, sebenarnya bukan hanya lambung dan usus saja yang bekerja keras. Ada organ lain yang tidak kalah sibuknya. Salah satunya adalah kantung empedu. Kantung empedu ikut membantu mencerna makanan. Apakah jadinya jika ternyata kantung empedu itu rusak?

Menurut Prof. Dr. H. M. Syaifullah, gangguan dikantung empedu bisa berupa infeksi saluran empedu dan adanya batu di kantung atau saluran empedu. Biasanya penyakit ini diderita oleh para wanita yang mempunyai tubuh gemuk dan berusia 40 tahun. Penyebabnya adalah komposisi makanannya, misalnya goreng-gorengan yang banyak mengandung kolesterol.

7. Masalah yang dikemukakan penulis dalam penggalan artikel diatas adalah…
a. Menjaga kesehatan dengan memperhatiakn makanan.
b. Empedu sebagi organ yang paling vital dalam pencernaan.
c. Penyakit empedu dan penyebabnya.
d. Fungsi empedu dan gangguan yang terdapat di dalamnya.


8. Rangkuman yang paling sesuai dengan penggalan artikel di atas adalah…
a. Jangan meyepelekan empedu!Organ tubuh manusia yang satu ini    

        memikili tanggung jawab besar dalam pencernaan makanan.
b. Empedu memiliki andil besar dalam pencernaan makanan. Karena itulah

        empedu seseorang sering mengalami gangguan.
c. Empedu adalah bagian organ tubuh manusia. Karena itulah fungsinya

        sanagt penting bagi tubuh kita.
d. Orang bisa mengidap batu empedu karena kegemukan dan terlalu

        banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol.


9. Strata sosial adalah pembedaan masyarakat ke dalam kelas-kelas secara  
    bertingkat. Manifestasi dari gejala stratifikasi social adah adanya kelas-kelas tinggi dan rendah. Strata sosial salah satunya adalah dilihat dari status social ekonomi. Status social ekonomi merupakan data yang bersifat impersonal yang disusun dari petunjuk-petunjuk seperti: jenis pekerjaan, lama pendidikan, pendapatan, kualitas rumah, dan lingkungan rumah tangga.
Kalimat simpulan yang tepat untuk mengakhiri artikel diatas adalah…
a. Dengan demikian, status social ekonomi seseorang merupakan

        kedudukan seseorsng yang diakui masyarakat dalam masyarakatnya.
b. Oleh karena itu, masyarakat dibagi menjadi beberapa strata.
c. Jadi, status sosial ekonomilah yang menentukan tinggi rendahnya strata

        seseorang.
d. Memang, jenis pekerjaan, lama pendidikan, pendapatan kulalitas rumah,

        dan lingkungan rumah tangga adalah hal yang biasa digunakan untuk
        menentukan strata seseorang.


10.Pada tahun 1952, Clifford Geertz, mempopulerkan tipologi santri, abangan, dan priyayi sebagai kategori social yang ada dalam masyarakat Jawa. Menurut Parsudi Sumarlan, pengkategorian tersebut dibuat bukan sebagai sesuatu yang saling bertentangan, tetapi justru untuk memperlihatkan adanya saling ketergantungan di antara ketiganya. Sastro ingin anak cucunya menerti bahwa hidup sebagai priyayi adalah mengabdi dan setia kepada raja dan Negara. Ketergantungan ketiga kategori tersebut, terwujud dalam kehidupan birokrasi kota. Meskipun demikian, sampai saat ini, polemic belum juga selesai dalam masyarakat Jawa.
Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah kalimat…
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat


11.Hal ini ditandai oleh banyaknya barang elektronik yang beredar dimasyarakat. Pemunculan barang tersebut sudah sampai dikalangan masyarakat menengah kebawah. Ada pula yang dikategorikan barang mewah dan adapula yang dikategorikan bukan barang mewah. …
Kalimat kesimpulan yang tepat untuk melengkapi bagian akhir paragraf tersebut adalah…
a
. Sudah muncul lagi modelbaru tahun ini.
b. Memang produksi Indonesia sudah bersaing.
c. Teknologi canggih perlu dimiliki masyarakat.
d. Perkembangan teknologi dewasa ini sangat pesat.


12.Muhammad Fadhil (15), siswa kelas X SMA 34 Pondok Labu, Jakarat Selatan, disiksa seniornya hingga menderita patah tulang (kompas 11/11). Demikian pula Blasius Adi Saputra, siswa kelas X SMA Pangudi Luhur, Jakarta Selatan, melapor ke polisi karena mengalami penganiayaan dan kekerasan seniornya.
Masalah yang dikemukakan dalam kutipan artikel diatas adalah…
a. Blasius Adi Saputra, siswa kelas X SMA Pangudi Luhur, Jakarta Selatan,

        melapor ke polisi.
b. Blasius Adi Saputra siswa kelas X SMA Pangudi Luhur, Jakarta Selatan,

        mengalami penyiksaan seniornya.
c. Siswa du sekolah negeri mqupun swasta sama-sama mendapat

        penyiksaan.
d. Kekerasan tany dilakuakan senior tehadap adik junornya di sekolah

        menengah atas masih saja terjadi.


13.Permasalahan utama dalam menangani bencana di Indonesia adalah rentetan kejadian dan informasi yang disampaikan dengan tindakan yang diambil tidak sserentak. Disini terjadi dilemma bagi pemerintah dimanapun. Tindakan darurat tidak mungkin serentak seketika itu juga. Tindakan pertolongan memang buth waktu. Uniknya, pada diri kita masih melekat budaya bicara yang tidak serta merta dibarengi dengn budaya bertindak cepat. Adakalanya kita lebih mendahulukan rapat daripada bertindak. Budaya ini harus segera diakhiri. Ini adalah bencana. Mungkin akan tepat jika menerapkan pepatah sedikit bicara banyak bekerja.
Gagasan utama artikel di atas adalah…
a. Negara kita rawan terhadap bencana gempa.
b. Perlunya penanganan para korban bencana secepat mungkin.
c. Pemerintah mengalaami dilemma dalam menghadapi bencana alam.
d. Tindakan cepat lebih diperlukan daripada bicara.


14.Kemiskinan sepertinya enggan menjauh dari nelayan tradisional kita. Padahal, lahan hidup bagi pelaut yang bobot kapalnya kurang dari 30 gros ton itu melimpah. Potensi laut Indonesia sekitar 6,2 juta ton per tahun. Bila nelayan mampu menangkap 3 juta ton saja per tahun dengan harga per kilo Rp10.000,00, penghasilan mereka bisa mencapai Rp30 milyar setahun. Sebuah angka yang fantastis.
Kutipan artikel di atas menggambarkan bahwa…
a. Nelayan Indonesia belum mampu mengolah kekayaan laut.
b. Nelayan Indonesia berpendapatan Rp30 milyar setahun.
c. Nelayan Indonesia diharapkan bisa memiliki pendapatan Rp30 milyar

        setahun.
d. Nelayan Indonesia kewalahan mengolah kekayaan laut.
e. Nelayan tradisional kita akan miskin selama tidak bisa menjadi nelayan

        modern.


15.Antar bekerja dan kesehatan manusia, ternyata saling berhubungan, bahkan saling berpengaruh. Hal ini terbukti, misalnya dari kenyataan bahwa seseorang menjadi lebih sehat jika ia bekerja dari pada tidak bekerja. Kenyataan yang lain sebaliknya, yaitu seseorang yang bekerja malah menjadi sakit karena kondisipekerjaannya yang tidak sesuai dengan karakteristik orang itu. …
Kalimat penutup yang tepat unuk melengkapi paragraf di atas adalah…
a. Oleh karena itu, dalam memilih pekerjaan, harus menyesuaikan dengan

        karakter dan kemampuan yang kita miliki.
b. Hal itu akan terjadi jika kita bekerja tidak sesuai dengan imbalan atau 

        upah yang diharapkan.
c. Memang setiap orang berhak memiliki karakter dan kermampuan yang

        berbeda-bada dalam memilih pekerjaan.
d. Jadi, pekerjaan yang tidak sesuai dengan karakter yang kita miliki akan

        menimbulkan berbagai dampak.


16.Pemasaran narkoba dilakukan dengan memberi contoh cuma-Cuma untuk satu atau dua kali pemakaian. Jika cocok, baru dikenakan biaya sesuai dengan jenis barang yang dipakai. Pemakai pasti akan membeli dengan cara menukarkan barang-barang pribadi dengan barang haram tersebut, atau mencuri milik orang lain. Sekarang ini masalah narkoba sudah menjadi masalah serius bagi bangsa Indonesia. …
Kalimat yang tepat untuk melengkpi akhir paragraf di atas adalah…
a. Oleh karena itu pengguna narkoba harus diberantas.
b. Jadi, perintah harus turun tangan dalam masalah tersebut.
c. Oleh sebab itu harus ada kerjasama berbagi pihak dalm mencegah dan

        menanggulangi masah narkoba.
d. Memang sulit memberantas narkoba di Indonesia.


17.Sejumlah saluaran air di Kota Semarang tersumbat sampah yang menggunung. Sampah sampah itu mengumpul disaringan saluran air, sehingga menghambat arus air menuju kolam pompa. Selain itu, sampah-sampah itu juga sering tersedot pompa yang membuat pompa menjadi rusak. Sebagian besar sampah yang menumpuk di daliran-saluran air adalah sampah rumah tangga.
Kalimat simpulan yang dari artikel di atas adalah…
a. Sampah-sampah itu dapat mengakibatkan banjir yang akhirnya akan

        merugikan warga.
b. Sebagian besar warga Semarang tidak mengindahkan masalh sampah.
c. Sebaiknya, warga Semarang tidak membuang sampah ke saluran sungai.
d. Jika hujan deras terjadi, tentu banjir akan menggenangi seluruh kota.


Teks berikut untuk soal nomor 18 dan 19
Kita sudah lama berita tentang kerusakan hutan Indonesia yang dari hari kehari keadaannya kian parah. Pemerintah bukannya tidak awas tentang proses kerusakan hutan ini. Hanya saja, tindakan nyata dari pemerinath sangat ditunggu masyarakat banyak. Bahwa perusakan hutan juga dilakuakn oleh rakyat kecil untuk menyambung hidup adalah fakta yang tidaj dapat dibantah. Akan tetapi, perusakan besar-besaran melalui illegal logging (pembalakan liar) adala tanggung jawab sepenuhnya manusia jahat yang telah lumpuh hati nurani nya. Hutan Indonesia sudah lama jadi santapan empuk manusia tipe ini.

Perlu diketahui, pada akhir 2006, Walhi sudah berteriak tentang kerusakan hutan di Pulau Jawa yang padat penduduk. Berdasrkan catatan Walhi, pada 2004 hutan yang tersisadi Pulau Jawa tinggal 2.926.946 hektar. Dari jumlah itu, sekitar 629.705 hektar kondisinya dalam keadaan rusak berat. Perlu juga dicatat bahwa 835 wilayah Indonesia rawan bencana, seperti banjir, tanah longsor, dan polusi udar yang kesemuanya berkaitan erat dengan kerusakan hutan.


18.Ide pokok yang diungkapkan dalam artikel tersebut adalah…
a. Kerusakan hutan Indonesia yang semakin parah
b. Tindakan nyata dari pemerintah terhadap pelaku kerusakan hutan.
c. Perusakan hutan dilakukan oleh pembalak liar dan juga masyarakat kecil.
d. Wilayah Indonesia rawan bencana akibat kerusakan hutan.


19.Pertanyaan yang sesuai dengan isi artikel itu adalah…
a. Mengapa hutan Indonesia dijadikan sasaran pembalakan liar?
b. Apa yang diharapkan masyarakat dari pelaku peruskan hutan?
c. Siapakah pelaku illegal logging yang paling merugikan Indonesia?
d. Berapa luas hutan di Pulau Jawa yang kondisinya rusak berat?


20.Jakarta penuh dengan masalah, seperti pasokan air minum, permukimam kumuh, pedagang kaki lima, sampah, keamanan, pengangguran, transportasi, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, masalah yang paling mengganggu kehidupan sehari-hari adalah kemacetan.

Menurut sebuah kajian, apabila pertambahan jumlah kendaraan dan pertambahan panjagng jalan di Jakarta berlajan seperti saat ini, maka pada tahun 2014, kendaraan praktis tidak akan bergerak sama sekali. Entah berapa kerugian yang diderita rakyat, baik materialmaupun non-material.

Pokok permasalahan yang dibicarakan dalam kutipan artikel diatas adalah…
a. kemacetan di Jakarta.
b. Berbagai masalah di Jakarta.
c. Pertambahan jumlah kendaraan yang terus meningkat.
d. Kerugian masyarakat Jakarta.


SKL: Menentukan unsur-unsur paragraf

Uraian materi
Unsur-unsur paragraf yaitu:
a. Ide pokok yaitu ide pembicaraan atu pembahasan, biasanya berusa kata,

    frase, atau klausa.
b. Kalimat topik yaitu perwujudan ide pokok dalam bentuk yang masih

    abstrak.
c. Kalimat pengembang yaitu rincian atau penjesan ide pokok dalam bentuk

    yang kongkret.
d. Kalimat penegas yaitu kalimat yang berfungsi sebagai penegas, dengan car

    mengulang bentuk kalimat topic pada bagian akhir paragraf.
e. Kalimat penjelas yaitu kalimat yang memberikan penjelasan terhadap

    kalimat utama.
f.  Transisi yaitu mata rantai penghubung paragraf. Transisi berfungsi sebagai

    penunjang koherensi atau kepaduan antar kalimat dalam suatu paragraf.

Contoh soal:
Sebaliknya di rumah, Pak Ali sering marah-marah. Sarapan pagi terlambat dihidangkan, apalagi dalm keadaan dingin, ia langsung memukul-mukul meja makan sambil memaki-maki pelayan dapur. Kamar tidur tidak bersih, giliran pelayan kena omelan. Bila letak buku atau surat-surat berubah dari semila, ia langsung menegur istri atau ananya. Kalu pekarangan dan mobil tidak bersih, alamat pelayan taman kena “semprotan”. Boleh dikata, Pak Ali melampiaskan marah-marahnya setiap ada yang tidak beres dirumah.
Dari paragraf di atas kalimat yang merupakan unsur transisi adalah….
a. Sebaliknya di rumah,
b. Pak Ali sering marah marah.
c. Pak Ali menegur istrinya
d. Kalau pekarangan dan mobil tidak bersih, alamat pelayan taman kena

    semprotan.

Pembahasan:
Transisi adalah mata rantai penghubung penghubung kalimat. Transisi berfungsi sebagai penunjang koherensi antar kalimat dalam sebuah paragraf.
Maka dari soal di atas dapat kita simpulkan bahwa jawabannya adalah: a






SOAL-SOAL

Bacalah paragraf untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Selama sebulan, sapi-sapi yang akan diikutkan dalam karapan sapi benar-benar mendapat perlakuan khusus(1). Porsi makan dan minumnya dilipatgandakan(2). Sapi itu dimandikan empat kali sehari(3). Setiap mandi, tidak lupa tubh sapi itu dilumuru dengan parutan jahe dicampur cairan spritus(4). Pokoknya, sapi-sapi itu mendapat hak istimewa setiap kali akan diadakan karapan sapi.

1. Di antara kalimat-kalimat dalam paragraf di atas, yang merupakan kalimat 
    penjelas adalah…
a. 1 dan 2
b. 1 dan 5
c. 2 dan 3
d. 1, 2, dan 3


2. Kalimat yang ditandai dengan nomor 5 disebut dengan…
a. Kalimat utama
b. Kalimat pengembang
c. Kalimat penjelas
d. Kalimat penegas


3. Salah satu program pemerintah dalam masa pembangunan adalah usaha penyebaran penduduk jawa, Bali dam Lombok. Untuk lebih memperjelas penyebarab disebutlah dengan nama khusus yaitu tarnsmigrasi. Bahkan dalam kaitan itu, Bung Hatta berkata dalam kongres ahli-ahli ekonomi, “salah satu masalah yang maha penting dalam rangkaian politik kemakmuran adalah transmigrasi. Kalau ini tidak terpecahkan, Indonesia tidak bakal makmur”.
Gagasan utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat…
a. Pertama
b. Kedua
c. Terakhir
d. Pertama dan terakhir


4. Pencemaran ternyata dapat terjadi dimana saja dan dari apa saja. Salah satu sumber pencemar yang saat ini masih terabaikan adalah limbah pertanian dan peternakan. Kenyataan ini tidak hanya terjadi dinegara berkembang, tapi juga dinegara yang sudah maju system pengelolaan limbahnya seperti Amerika.
Gagasan utama yang terdapat pada paragraf di atas adalah…
a. Pencemaran terjadi di Negara berkembang.
b. Limbah pertanian dan peternakan diabaikan di Negara maju dan

        berkembang.
c. Pencemaran hanya berasal dari pabrik.
d. Pencemaran bisa terjadi dimana saja dan dari apasaja.


5. Cermati kalimat topik dan kalimat penjelas berikut!
Kalimat topik :membaca dimulai dengan melihat.
Kalimat penjelas:
(1) Tanda dan lambang tertentu menunjukkan nama atau benda.
(2) Stimulus masuk lewat indra penglihatan pada tingkat awal membaca.
(3) Pembicaraan dan dilatih kepada anak sejak kecil.
(4) Anak siap membaca jika telinganya dapat mendengar.
(5) Jika lambing-lambang dirangkakan tersusunlah pembicaraan.
Kalimat penjelas tang sesuai dengan topic diatas adalah…
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 1 dan 5


6. “Di daerah itu, peran becak sangat penting. Ia bisa mengangkut orang dari Pasar Baru ke daerah itu. Orang pun akan senang naik becak karena didaerah itu tidak ada layanan angkot,” urainya.
….ia juga menilai bahwa becak bisa digunakan sebagai alat rekreasi. Menurutnya, pernah ada orang Prancis yang membawa 5-6 becak ke negerinya untuk dipakai berjala-jalan di Cannes.
Naik becak dirasakan libih nyaman sebab bisa melihat pemandangan di kiri dan di kanan.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi awal paragraf kedua adalah….
a. Hal senada
b. Sementara
c. Selain itu
d. Demikian juga


7. Trotoar pada dasarnya merupakan bagian jalan yang disediakan bagi pejalan kaki.
Kalimat penjelas tyang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah…
a. Trotoar dibuat di kiri-kanan jalan untuk tempat bersantai.
b. Akan tetapi, tuntutan sosial ekonomi meyebabkan trotoar tidak berfungsi

        semestinya.
c. Banyak pedagang kaki limamemanfaatkan trotoar untuk berdagang.
d. Akan tetapi, tidak ada trotoar yang dimanfaatkan pejalan kaki.


8. Banjir diakibatkan oleh sudah tuanya usia Gardu Pompa Pluit. Selain itu, juga belum tertanganinya normalisasi sejumlah sungai (kali Sunter dan kali Cipinang) merupakan penyebab banjir yang melanda sepanjang jalan Peritis Kemerdekaan. Kapasitas awduk Pluit kini sangat menurun sebagai akibat banyaknya Lumpur yang masuk ke situ. Akibatnya, ketika terjadi hujan deras, kapasitas waduk itu untuk menampung air sungai menjadi berkurang.
Berdasarkan kalimat-kalimat penjelas di atas, kalimat utama yang tepat adalah…
a. Jadi, penyebab utama banjir di Jakarta adalah akibat banyaknya Lumpur

        masuk ke waduk.
b. Banjir yang melanda sebagian Jakarta disebabkan terbatasnya sarana          

        kemampuan pengendali banjir. Kapasitas waduk Pluit yang mencapai 2,4   
        juta meter kubik, kini tinggal 1.650.000meter kubik.
c. Kapasitas awduk Pluit yang mencapai 2,4 juta meter kubik, kini tinggal  

        1.650.000 meter kubik.
d. Pada tahun 2000 sampai 2006, hanya sebagian kecil Lumpur yang

        jumlahnya 750.000 meter kubik yang bisa dikeruk.


9. Berdebat merupakan kegiatan berpikir dengan lawan berdebat. Memang dalam memperjuangkan pendapat peserta debat sering bertikai. Akan tetapi, pertikaian itu hanya terbatas dalam ruang debat. Setelah itu, mereka tetap bersahabat. Hal ini telah dicontohkan para pemimpin kita pada masa lalu ketika berdebat. Jadi berdebat itu berpikir bersama-sama untuk menentukan usulan mana yang paling layak diterima.
Kalimat utama pargraf di atas adalah..
a. Berdebat adalah kegiatan berpikir.
b. Berdebat itu berpikir bersama-sama untuk menentukan usulan mana

        yang paling layak diterima.
c. Peserta sering bertikai.
d. Hal ini yang telah dicontohkan para pemimpin kita pada masa lalu ketika

        berdebat.


10.Sejak menjadi atlet pelatnas Cipayung, banyak prestasi yang telah diraih Taufik(1). Baik dari nomor perorangan atu bersama Tim Bulutangkis Indonesia(2). Bahkan, Taufik pernah menjadi atlet terpopuler ditahun 2001 dan atlet terbaik versi tabloid Bola(3). Setiap hari kegiatannya didominasi dengan berlatih dan terus berlatih(4). Prestasi tersebut memang layak ditujukan pada Taufik(5). Maklum selain dilapanga, Taufik juga sering menjadi buah bibir karena penampilannya yang selalu rapi dan sopan.
Kalimat penjelas yang tidak sesuai dengan kalimat utama adalah…
a. 2 saja
b. 2 dan 4
c. 3 dan 4
d. 4 saja


11.Saat ini perhatian masyarakat terhadap perawatan kulit, terutama kaum wanita semakin meningkat. …, para produsen kosmetik berlomba-lomba membuat produk perawatan kulit dengan iming-iming yang menjanjikan berbagai kelebihan.
Konjungsi antarkalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah…
a. Lagi pula
b. Oleh karena itu
c. Padahal
d. Meskipun demikian

Perhatikan paragraf berikut untuk mengerjakanj soal nomor 12 dan 13!
Asteroid terbentuk dari material yang menjadi saksi bisu dari proses terbentuknya tata suya seketar empat setengah milyar tahun yang lalu di bawah pengaruh interaksi gravitasi. Sebagian besar populasi asteroid dijumpai disekitar orbit planetMars dan Jupiter, daerah yang dikenal sebagai Sabuk Utama (main belt). Selain asteroid yang mendiami Sabuk Utama, ada pula kelompok asteroid dengan orbit yang berbeda, seperti kelmpok Trojan dan kelompok asteroid AAA (Triple A Asteroids: Amor, Apollo, Aten).


12 Ide pokok paragraf di atas adalah…
a. Asteroid terbentuk dari material.
b. Maretial menjadi sak si bisu terbentuknya asteroid.
c. Etrbentuknya asteroid.
d. Asteroid terbentuk empat setngah milyar tahun yang lalu dibawah

        pengaruh interksi gravitasi.


13.Pertanyaan yang tepat sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah…
a. Mengapa material menjadi saksi bisu terbentuknya asteroid?
b. Di manakah letak keberadaan sebagian besar populasi asteroid?
c. Bagaimanakah pengaruh interaksi gravitasi terhadap asteroid?
d. Kapan asteroid mendiami daerah Sabuk Utama?


14.Olahraga jalan kaki, apabila dilakukan secara teratur, dapat memperpanjang umur. Dalam studi yang diterbitkanoleh The New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa orang-orang yang terlibat dalam aktivitas jalan kaki olahraga yang menggunakan dua ribi kalori atu lebih setiap minggu mempunyai angka kematian seperempat sampai tiga perempat lebih kecil dibandingkan dengan orang-orang yang tidak aktif berolahraga.
Gagasan utama paragraf di atas adalah…
a. Olahraga jalan kaki harus dilakukan dengan teratur.
b. Olahraga jalan kaki dapat memperpanjang umur.
c. Olahraga jalan kaki menghabiskan dua ribu kalori.
d. Orang yang tidak aktif berolahraga akan berumur pendek.


15.Siapa yang peduli kulit singkong? Jangankan kulit, dagingnya pun tidak mendapat perhatian kaum ilmuwan. Tetapi di tangan Randall Hartolaksono, kulit singkong bisa menjadi bahan antiapi kelas dunia. Temuan revolusioer pria kelahiran Surabaya, 16 Maret 1956 itu terjadi secara tidak sengaja.
Ide pokok paragraf di atas adalah…
a. Tidak ada yang peduli terhadap daging singkong.
b. Randall Hartolaksono menemukan manfaat kulit singkong.
c. Randall Hartolaksono lahir di Surabaya, 16 Maret 1956.
d. Randall Hartolaksono menemukan manfaat kulit singkong sebagi bahan

        antiapi.


16.(1)Kata android sudah disebut-sebut ilmuwan Albertus Magnuslebih dari 700 tahun lalu. (2) Dalam pengertian modern, kata itu berarti sebuah robot yang dirancang menyerupai manusia, baik dalam tampila maupun kelakuannya. (3) Kata itu berasal dari bahasa Yunani, andr yang berartilaki-laki dan akhiran eides yang berarti menerupai spesies eidos. (4) Akan tetapi, apa sesungguhnya android dalam dunia telepon bergerak atau mobile phone yang diluncurkan google?
Kalimat utama paragraf di atas terdapat dalam kalimat nomor…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4


17.Kita harus membiasakan diri hidup sehat. Hidup sehat dimulai dari sikap cermat dalam segala hal. ……
Kalimat penjelas yang tepat untuk melanjutkan penggalan paragraf di atas ialah…
a. Karena hidup sehat itu dambaan setiap orang.
b. Dengan hidup cermat, tentu kita bisa sehat.
c. Salah satunya, kita harus teliti dalam mengkonsumsi suatu produk.
d. Apabila tidak sehat, tentu kita tidak dapat memiliki sikap cermat.


18.Empat desa di Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Rabu (5/9), kembali dilanda banjir akibat hujan yang terus-menerus selama lima hari terakhir. Keempat desa itu adalah Baturube, Kalombang, Tirongan Bawah, dan Umesi. Menurut Syahdan Sondeng (37), selama lima hari terakhir, hujan tidak pernah pernah berhenti mengguyur kecamatan Bungku Utara. Dalam sehari semalam, hujan turun rata-rataselama 22 jam. Banjir ini mengakibatkan ratusan kepala keluarga di empat desa tersebut mengungsi.
Gagasan utama paragraf di atas adalah…
a. Ratusan kepala keluarga mengungsi.
b. Banjir melanda empat desa di kecamatan Bungku Utara.
c. Hujan mengguyur empat desa di Kecamatan Bungku Utara.
d. Hujan tidak pernah berhenti mengguyur empat desa di Kecamatan

        Bungku Utara.


19.Spanduk diusung, orasi dikumandangkan, jalanan ditutup, dan ban-ban bekas dibakar di tengah jalan. Symbol protes dan marah yang diwakilioleh berbagai unsure penunjuk rasa itu marak sehari menjelang tanggal 1 Oktober. Hari itu rencananya, pemerintah akan memberlakukan harga eceran baru bahan baker minyak (BBM). Rata-ata kenaikan berkisar antara 30 hingga 65 persen. Masyarakat akan membeli minyak di SPBU.
Kalimat penjelas dalam paragraf di atas yang tidak padu terdapat dalam kalimat…
a. Kedua
b. Ketiga
c. Keempat
d. Kelima


20.Orang tidak menyangka bahwa benda-benda biomassa di sekitar kita juga bisa dimanfaatkan untuk sumber energi. Dengan teknik gasifikasi, biomassa seperti sekam padi, limbah kayu, batok, sabut, tandem kosong, bagas, sortiran bahan baku, serta lidi hitam dapat diubah menjadi sumber energi. …., benda-benda biomassa ini umumnya menjadi limbah dan kurang diperhatikan oleh para industriawan. Sesungguhnya, jika dimanfaatkan, energi yang dihasilkan juga tidak kecil. Melalui proses gasifikasi, 1.5 kg biomassa yang memenuhi persyaratan akan dapat menggantikan 0,3 liter solar untuk menghasilkan 1 KWH listrik.

Kata penghubung yang tepat untuk menghubungkan kedua paragraf tersebut agar menjadi paragraf yang padu adalah…
a. Lagi pula
b. Sementara itu
c. Oleh karena itu
d. Akan tetapi

                                               ooo0ooo

I Love You . . . Mom!

I LOVE YOU . . .  MOM!
Cerpen : Wahyudi
Tarania, gadis cilik umur 12 tahun. Baru duduk di kelas VI SD  Harapan Bunda.  Sebuah sekolah swasta cukup favorit di Kabupaten Kebumen Beriman ini.       Tarania adalah seorang gadis yang rajin dan pintar.  Maka tak heran, ia selalu mendapatkan peringkat pertama di kelasnya.  
Tarania juga disenangi teman-temannya.  Karena ia pandai membawa diri.  Tidak sombong meski memiliki prestasi di kelas. 
Hanya satu kekurangannya.  Tarania bukanlah berasal dari keluarga yang tergolong mampu.  Yudi, bapaknya, hanya seorang buruh serabutan.  Bekerja manakala ada orang yang membutuhkan tenaganya.  Sedangkan Menik, ibunya,  hanya seorang tukang jahit kecil di Pasar Mertokondo dekat rumah kontrakannya. Namun begitu, keluarga ini tetap tawakal menjalani kehidupannya.
Bulan depan, tepatnya pada 24 April adalah hari ulang tahun Adelia.  Teman sekelas Tarania.  Bahkan teman satu meja dengan Tarania.  Adelia tergolong gadis yang beruntung.  Orang tuanya termasuk orang yang mampu. 
Pada hari ulang tahun itu, semua teman sekelas diundangnya. Orang tua Adelia mengundang Kak Suryo, pendongeng terkenal di Kebumen untuk memeriahkan acara ulang tahun Adelia.  Konon, perayaan  yang tergolong meriah itu, baru kali ini dilakukan.  Sekalian syukuran karena berhasil masuk sekolah favorit, katanya.
            Kini Tarania yang serba salah.  Mengapa? Umumnya, menghadiri perayaan ulang tahun akan berpenampilan menarik. Mewah, bahkan.  Tapi, apa hendak dikata? Tarania hanyalah gadis dari kalangan keluarga yang pas-pasan.
            Tidak! Tarania bukanlah gadis yang lemah!  Ia menabung.  ”Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.”, begitu kata bijak yang pernah didengarnya. 
            Aktifitas menabung Tarania rupanya tak luput dari pandangan sang Ibu.  Sang Ibu menghela nafas dalam.
            Tanggal 21 April. Tarania membuka tabungannya.  ”Alhamdulillah,” seru Tarania dalam hati.  Hasil tabungannya dirasa cukup untuk sekedar membelikan kado buat Adelia, sahabat karibnya itu.  Soal pakaian? Tidak jadi masalah! Apapun jadilah.  Yang penting, pakaian yang bersih dengan senyuman, pasti akan membuat Adelia sahabatnya itu gembira.
            Dengan tekad yang penuh, Tarania pergi ke pasar bermaksud membeli kado ulang tahun untuk Adelia.  Tapi malang, di Pasar Mertokondo yang kecil itu, Tarania kecopetan. 
            Sedih, marah, bercampur gundah.  Tarania kembali ke rumah dengan langkah yang gontai.  Wajahnya memperlihatkan sendu yang teramat dalam. 
            Sesampai di rumah, Tarania langsung masuk ke kamar.  Kaget.  Di atas tempat tidurnya, sudah terdapat bungkusan kado sederhana tapi terlihat bagus.  Di sebelahnya, terdapat baju setelan yang sangat indah dilihat. 
            Tarania membalikkan badan bermaksud keluar kamar mencari Ibunya.  Di depannya, terlihat Ibu Menik berdiri dengan senyum yang sangat menyejukkan hati.
            ”Ibu. . . . .”  ujar Adelia terharu menerima kenyataan yang serba cepat itu.
            ”Ada apa, Sayang? Maaf, tanpa sepengetahuanmu, Ibu buatkan kamu baju sederhana dari kain perca sisa membuat baju-baju orang langganan Ibu.  Di bungkusan kado itu, juga ada tempat pensil yang dibuat dari kain perca juga.  Ibu kira bisa untuk mengahadiri perayaan sahabtmu. Moga kamu senang ya, Nak?”
            ”Ibu. . .  ”  Tarania hanya mampu mengucapkan kata itu.  Senang bercampur haru menyelimuti Tarania. 
            Jam 14.00. Tanggal 24 April.  Dengan rasa bahagia, Tarania mendatangi undangan Adelia, sahabatnya yang lagi berulang tahun.  Sedikit terlambat, sebab sudah banyak teman dan tamu undangan yang datang.
            “Selamat siang? Maaf, Teman. Saya datang terlambat, nih.” ujar Tarania tersipu malu yang langsung bergabung dengan teman-teman sekelasnya.
            “Oh,  Tarania.  Tidak.  Tidak kok,” ujar Adelia tersenyum dan terlihat sangat bahagia dengan kedatangan Tarania.
            “Kamu tampak lebih cantik dengan baju yang kamu kenakan, Teman,” ujar Dita.
            “Ah, ini baju buatan Ibuku.  Hanya dibuat dari kain-kain perca.  Gak  ada yang istimewa kok.” Tarania menutupi rasa kikuknya.
            ”Sungguh, aku juga sepakat dengan kata Dita,” ujar Siti.
            ”Iya.”
            ”Iya. . . . ” ujar teman-teman Tarania bersahutan membenarkan kata-kata Adelia.
            ”Temanku . . . apa . . . apa aku bisa pesan baju yang sama pada Ibumu?  Aku pengen banget deh, punya baju seperti punyamu?  Boleh ya? Please. . . ?”
            ”Aku juga ya?”
            ”Aku juga dong?”
            ”Aku juga . . . . ” Kini teman-teman Tarania ramai-ramai berpesan baju seperti yang dikenakan Tarania.
            ”Kalo aku sih. . .  ya . . . bisa.  Tapi, ini kan Ibuku yang buat. Nanti aku sampaikan pada Ibuku dulu ya?”
                                                            ooo0ooo
            Sesampai dirumah, Tarania langsung menyampaikan pengalamannya pada Ibu Menik.
”Tapi, nanti teman-temanmu apa berkenan ya?” tanya Ibu Menik sedikit ragu.
”Yang penting, Ibu buat aja dulu seperti yang Ibu buatkan untukku. Nanti biar teman-temanku yang menjawab keraguan Ibu.” ujar Tarania.
Pada malam harinya, Ibu Menik mulai membuat baju-baju pesanan teman-teman Tarania. Tentu saja Tarania juga ikut membantu. Bahkan, Pak Yudi sesekali juga ikut membantu. 
Hanya dalam waktu kurang dari sepuluh hari, delapan stel baju sudah jadi. 
Langsung dibawa ke sekolah keesokan harinya. 
”Pas banget. . . !” ujar teman-teman Tarania serempak. ”Aku sukaaa . . .  banget. Makasih ya, Teman?” kata Adelia.
Tarania tersenyum bangga.
Sejak saat itu, tersiarlah kabar bahwa Ibu Menik, ibunda dari Tarania adalah penjahit yang handal.  Tentu saja, banyak teman Tarania yang memesan baju seperti yang dikenakan Tarania saat menghadiri ulang tahun Adelia.
Kini Ibu Menik dan Tarania disibukkan dengan pesanan-pesanan itu.  Kehidupan keluarga Pak Yudi pun kini menjadi lebih baik.  Ibu Menik bersyukur bahagia. Tarania tersenyum bahagia.  Dalam hati, Tarania tak henti-hentinya bersyukur pada Tuhan. 
Melalui keterampilan Ibunya, kehidupan mereka menjadi lebih baik.
”I LOVE YOU . . .  MOM” ujar Tarania  penuh syukur sambil memeluk dan mencium Ibunya.****

Hantu Meloncat-Loncat

Hantu meloncat - loncat
Cermis : Wahyudi
Langit cerah dan kicauan burung menghiasi pagi yang indah di sekolahku, SMP Harapan Bunda. Semua warga sekolah berhias senyum ceria menyambut pagi yang hangat dan cerah ini.
“Eh, kalian dah pada denger gossip terbaru, belum? Itu lho, Pak Nur liat bayngan hantu loncat – loncat pas lagi kejatah jaga sekolah tadi malem.” Tutur Bunga sambil meletakkan tasnya di atas meja menggegerkan seluruh isi kelas VII A. Anak – anak pun langsung berkerumun di meja Bunga.
            ”Ha? Setan? Massa kamu percaya cerita setan? Aku sih gak percaya ama yang gituan.” Husky tak percaya.
            ”Yee, ni anak. Emang kamu belon tau, sekolah kita kan dulunya rumah sakit jaman perang. Banyak pejuang ama penjajah yang berobat dan mati di sini. Yah, wajar si kalo ada penunggunya.” Leka berujar dengan nada meyakinkan.
            ”Udah ah, jangan cerita setan, aku takuut!!” Ujarku kesal dan disusul suara bel masuk. Semua anak kembali ke meja mereka sambil terus bercerita tentang hantu yang diceritakan oleh Bunga.
            Beberapa lama kemudian dari arah pintu Bu Eti masuk kelas dengan anggunnya sambil membawa sebuah kotak besar. Semua anak jadi penasaran, apa isi kotak itu. Setelah berdoa, Bu Eti memulai materi Biologi tentang tingkah laku hewan. Dia mengeluarkan hewan percobaan yang lucu dari kotak besarnya, seekor kelinci mungil!! Bu Eti menerangkan tentang tingkah laku kelinci percobaan itu. Semua anak pun asyik menyimak penjelasan dari Bu Eti. Tapi aku masih belum bisa lupa tentang hantu yang Bunga ceritakan barusan. Aku takut!!! Tiba – tiba kudengar suara lembut Bu Eti embuyarkan lamunanku.
            ”Ada apa Dita? Apa kamu sakit? Dari tadi Ibu panggil diam saja.”
            “Eng, a..anu Bu, saya sedikit mengantuk. Boleh saya izin ke belakang untuk cuci muka?”
            Dengan segera aku pergi ke kamar kecil untuk cuci muka. Aslinya sih bukan karena ngantuk, tapi takut. Setelah cuci muka, aku kembali ke kelas. Tapi saaat aku berjalan melewati laboratorium Biologi yang gelap, aku melihat bayangan putih meloncat – loncat. Keringat dingin pun megucur deras dari tubuhku.
            ”Hua..!!!!!” Teriakku sekencang – kencangnya berbarengan dengan bunyi bel istirahat.
            Di kelas aku menceritakan apa yang kulihat dengan teman – teman. Betapa baiknya temanku, mereka semua menenangkanku yang ketakutan. Tak lama kemudian, datng Husky sambil berlari menuju mejaku. Dia baru saja melihat bayangan hantu yang sama denganku. Hantu meloncat – loncat!!! Tidak hanya Husky, teman lain kelas pun melihatnya. Seisi sekolah jadi gegr!!! Husky yang tadinya tidak percaya hantu pun mulai mengakui adanya mahluk itu. Kita semua jadi penasaran, sebenarnya hantu apa itu dan kenapa dia ada di sekolahku?
            Sepulang sekolah, kami, warga SMP Harapan Bunda yang penasaran mendatangi guru agama kami. Katanya, hantu itu memang ada. Kita semua sebagai manusia pun tidak boleh memungkirinya.
            ”Tapi saya rasa di sekolah kita ini hantu itu tidak ada.”  Ujar Pak Kharidi sambil tersenyum. Nampaknya dia tidak percaya dengan apa yang kami lihat. Hantu itu benar – benar ada di sekolah ini. Tapi Pak Kharidi tetap saja tidak percaya. Katanya, setelah puluhan tahun mengajar di SMP Harapn Bunda baru kali ini dia mendengar gosip tentang hantu.
            ”Mungkin yang kalian lihat bukan hantu, bisa saja kalian telah tersuggesti setelah mendengar cerita hantu dari teman kalian.” Pak kharidi tetap pada pendiriannya.
            Kami semua berjalan keluar kantor guru. Ternyata berkonsultasi dengan guru belum memberi kami sedikit pencerahan. Kami semua pulang ke rumah dengan hati masih penasaran.
            Hari berikutnya, aku berangkat sekolah dengan hati dag – dig – dug. Takut kalau – kalau aku melihat hantu yang meloncat – loncat lagi. Kulangkahkan kakiku menuju kelas VII A, kelasku tercinta. Aku heran, banyak sekali anak yang berkerumun di meja Erma. Ada apa ya? Ternyata mereka semua sedang mendengarkan cerita Erma tentang hantu. Erma bilang dia telah melihat bayngan hantu yang meloncat – loncat saat sedang mengembalikan bola ke ruang olahraga di dekat laboratorium Biologi. Lagi – lagi di sana. Kemarin aku juga melihatnya di depan laboratorium biologi.
            ”Ini gak bisa dibiarin. Kita gak bisa dong, terus ketakutan kayak gini?” Bunga geram.
            ”Iya, aku tau, tapi mau gimana lagi?” Leka menyahut.
            Suasan hening seketika, semuanya memikirkan cara untuk bisa keluar dari kebingungan itu. Kami semua takut dengan adanya hantu itu. Tapi kemi semua juga tidak mau terus – terusan dibayangi oleh hantu itu. Bagaimana baiknya?
            ”Aha!! Gimana kalo kta tangkep hantu itu barengan terus kita usir dari sekolah ini?! ” Bunga menyeletuk.
            ”Tangkep? Kita liat aja udah takut, mana bisa nangkep segala?”
            ”Gini aja, gimana kalo kita ajak Pak Kharidi juga? Dia kan guru agama, pasti gak takut hantu.”
            ”Tapi Pak Kharidi gak percaya hantu, giman donk? ”
            ”Yah, kita coba aja deh.”
            Sepulang sekolah, kami mendatangi Pak Kharidi lagi. Kali ini kami memintanya untuk menemani kami menangkap si hantu meloncat – loncat. Seperti kemarin, dia hanya tersenyum dan tetap tak percaya dengan adanya hantu di sekolah ini. Tapi di luar dugaan dia mau menemani kami menangkap hantu itu.
            ”Saya ikut bukan mau menangkap hantu, tapi saya akan me,buktikan pada kalian kalau hantu itu tidak ada.” Cetus Pak Kharidi.
            Sore hari setelah langit agak gelap, kami semua berkumpul di depan laboratorium Biologi. Tempat di mana semua anak melihat bayangan hantu yang meloncat – loncat. Benar saja, kami semua melihat bayangan hantu yang meloncat – loncat lagi. Kali ini tidak hanya satu, tetapi dua hantu. Sotak kami semua berteriak. Pak Kharidi menenangkan kami dan mulai berjalan mengejar hantu itu. Tapi betapa terkejutnya kami ketika Pak Kharidi berhasil menangkap kedua hantunya.
            ”Lihat anak – anak, ini bukan hantu. Ini adalah kelinmci percobaan biologi milik sekolah.” Ujar Pak Kharidi.
            Semua anak, tak terkecuali aku tertawa terbahak. Ternyata bayangan hantu yang meloncat – loncat yang telah membuat seisi sekolah geger bukan hantu sungguhan, melainkan kelinci percobaan biologi milik sekolah. Aku jadi teringat penjelasan Bu Eti tentang tingkah laku hewan.Kata Bu Eti kelinci paling suka meloncat – loncat di tempat yang luas. Wajar saja jika kelinci itu meloncat – loncat dengan bebasnya, karena itu memang kegemarannya.
            Setelah mengucapkan terima kasih pada Pak Kharidi, kami semua pamit pulang. Kami berjalan pulang sambil senyum – senyum mengingat kejadian barusan. Ternyata hantu meloncat yang telah mwembuat seisi sekolah geger hanyalah dua ekor kelinci percobaan biologi milik sekolah.
oooo0oooo
Februari 2007