Sabtu, 09 Januari 2010

ingat kata mutiara sang guru JDP


  • Jangan Kamu pernah merasa pintar, tapi jadilah kamu orang yang pintar
  • Jangan kamu menjadi bodoh, tapi kamu harus merasa bodoh

puisi untuk anakku

Anakku . . . .
Sejak kehadiranmu - kelahiranmu
Diriku terasa lengkap
Aku bahagia

Dita Ikasari
Kini telah remaja -  17 tahun 10 bulan
Kelas XII SMA 1 Kebumen - IPS

Monika Tarania
Kini telah beranjak remaja
"Remaja tanggung" kata Monika
11 tahun 6 bulan - kelas VI SD Bunirejo 5 Kebumen

Adelia Feodora - 2 tahun 5 bulan
Kini telah menjadi anak-anak yang imut

Kami senang - bangga -  bahagia ANAKKU

Kami berharap - berdoa
Setiap saat - sepanjang waktu
Kini - kelak . . .
KAU akan menjadi orang - orang yang membanggakan
Mampu membuat orang tua - kerabat - dan orang - orang di sekitarmu
BERBAHAGIA - SEKALIGUS BERBANGGA.

Insya Allah. Amiiin..

kajian Peremendiknas 75/2009 ttg Kisi2 UN TP 09/10 (mkks smp kbm - bsnp)

KAJIAN PERMENDIKNAS NOMOR 75 TAHUN 2009 TENTANG KISI-KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN 2009/2010
MATA PELAJARAN       : BAHASA INDONESIA
SEKOLAH                     : SMP

No
Standar Kompetensi Lulusan
Kemampuan yang Diuji
Uraian Kemampuan yang Diuji
Indikator Soal (Alternatif)
No. Soal
1
Membaca dan memahami berbagai
ragam wacana tulis (artikel, berita,
opini/tajuk, tabel, bagan, grafik,
peta, denah), berbagai karya sastra
berbentuk puisi, cerpen, novel, dan
drama.
Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
·         Isi paragraf berupa gagasan utama
·         Bagian suatu paragraf berupa kalimat utama dan penjelas
o        Disajikan sebuah paragraf yang terdiri atas lima kalimat, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut
o        Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utama pada paragraf tersebut
o        Disajikan sebuah paragraf yang kalimatnya diberi nomor, siswa dapat menentukan kalimat utama pada paragraf tersebut
o        Disajikan bacaan terdiri atas dua paragraf, siswa dapat
-          menentukan gagasan utama paragraf pertama bacaan tersebut
-          menentukan kalimat utama paragraf kedua bacaan tersebut

Menentukan kritik terhadap isi bacaan
Kritik berupa pernyataan positif atau negatif terhadap objek
DIsajikan bacaan terdiri atas satu paragraf, siswa dapat menentukan kritik terhadap isi bacaan tersebut

Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
·         Menentukan persamaan isi berita
·         Menentukan perbedaan penyajian teks berita
·         Menentukan informasi berita sesuai adik simba

o        Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan persamaan isi berita tersebut
o        Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan perbedaan penyajian berita tersebut6
o        Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat
-          menentukan persamaan isi berita  tersebut
-          menentukan perbedaan penyajian berita tersebut
o        Disajikan sebuah kutipan berita, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada kutipan berita tersebut
o        Disajikan sebuah kutipan berita, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan kutipan berita tersebut

Menentukan kalimat fakta/pendapat
·         Menentukan kalimat fakta/pendapat

o        Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat fakta/pendapat  paragraf tersebut
o        Disajikan sebuah paragraf yang kalimatnya diberi nomor, siswa dapat menentukan dua kalimat fakta/pendapat pada paragraf tersebut

Menyimpulkan isi paragraf
·         menentukan simpulan isi paragraf

o        Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan isi paragraf tersebut
o        Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan isi paragraf tersebut

Menentukan isi tajuk
·         Menentukan gagasan utama, fakta, keberpihakan penulis, dan simpulan tajuk
o        Disajikan kutipan tajuk  (terdiri atas tiga-empat paragraf), siswa dapat
-          menentukan gagasan utama tajuk tersebut
-          menentukan kalimat fakta dalam tajuk tersebut
-          menentukan keberpihakan penulis tajuk tersebut
-          menentukan simpulan tajuk tersebut

Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
·         Menentukan pernyataan sesuai isi grafik, tabel, bagan, dan denah
·         Menentukan pertanyaan yang jawabannya merupakan isi grafik, tabel, bagan, dan denah
·         Menentukan simpulan isi grafik, table
·         Menentukan penjelasan isi denah
·         Mendeskripsikan isi denah perjalanan



o        Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan pernyataan sesuai isi grafik tersebut
o        Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan pernyataan sesuai isi tabel tersebut
o        Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan pernyataan sesuai isi bagan tersebut
o        Disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan pernyataan sesuai isi denah tersebut
o        Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada grafik tersebut
o        Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada tabel tersebut
o        Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada bagan tersebut
o        Disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada denah tersebut
o        Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan simpulan isi grafik tersebut
o        Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan simpulan isi tabel tersebut
o        Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan simpulan isi bagan tersebut
o        Disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan perjalanan yang paling efektif

Menentukan unsur intrinsik puisi
·         Menentukan tema, citraan, suasana, nada, dan misi puisi
·         Menentukan majas dalam puisi


o        Disajikan kutipan puisi, siswa dapat menentukan tema puisi tersebut
o        Disajikan kutipan puisi, siswa dapat menentukan  citraan puisi tersebut
o        Disajikan kutipan puisi, siswa dapat menentukan nada puisi tersebut
o        Disajikan kutipan puisi, siswa dapat menentukan suasana puisi tersebut
o        Disajikan kutipan puisi, siswa dapat menentukan amanat puisi tersebut
o        Disajikan  kutipan puisi, siswa dapat menentukan
-          tema puisi tersebut
-          suasana yang tergambar pada puisi tersebut
-          nada puisi tersebut
-          misi/tujuan puisi tersebut
-          majas pada puisi tersebut

Menentukan unsur intrinsik cerpen
·         Menentukan watak, latar, sudut pandang pengarang, tahapan alur, dalam cerpen
·         Menentukan bukti watak, latar, tahapan alur cerpen
·         Menentukan cara mengetahui watak tokoh



o        Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti perwatakan tokoh cerpen tersebut
o        Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan cara mengetahui watak tokoh dalam cerpen
o        Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti latar (waktu, tempat, suasana) cerpen tersebut
o        Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan sudut pandang pengarang  dalam cerpen tersebut
o        Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan konflik cerpen tersebut
o        Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan amanat cerpen tersebut
o        Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan
-          latar cerpen tersebut
-          bukti latar (waktu, tempat, suasana) cerpen tersebut
-          konflik cerpen tersebut
-          amanat cerpen tersebut

Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
·         Menentukan perbedaan tema, latar, sudut pandang, konflik novel
·         Menentukan perbedaan sudut pandang pengarang dalam novel
·         Menentukan bukti latar dan watak tokoh novel



o        Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan tema novel tersebut
o        Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan bukti perwatakan tokoh novel tersebut
o        Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan bukti latar (waktu, tempat, suasana) novel tersebut
o        Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan bukti  sudut pandang novel tersebut
o        Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan amanat novel tersebut
o        Disajikan kutipan novel, siswa dapat menentukan nilai kehidupan dalam novel tersebut
o        Disajikan kutipan novel, siswa dapat menentukan
-          nilai kehidupan/bukti nilai (moral, sosial, agama, budaya) dalam moral novel tersebut
-          bukti nilai kehidupan/bukti nilai (moral, sosial, agama, budaya) dalam moral novel tersebut
-          watak tokoh/bukti watak tokoh  novel tersebut

Menentukan unsur intrinsik drama
·         Menentukan watak tokoh, latar, suasana drama dan buktinya
·         Menentukan konflik dan amanat serta butkinya,

o        Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan tema drama tersebut
o        Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan bukti perwatakan tokoh drama tersebut
o        Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan latar/bukti latar  drama tersebut
o        Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan konflik drama tersebut
o        Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan amanat drama tersebut
o        Disajikan kutipan drama, siswa dapat menentukan
-          suasana kutipan drama tersebut
-          latar (waktu, tempat) kutipan drama tersebut

2
MENULIS
Menulis karangan nonsastra
dengan menggunakan kosakata
yang bervariasi dan efektif dalam
bentuk buku harian, surat resmi,
surat pribadi, pesan singkat,
laporan, petunjuk, rangkuman,
slogan dan poster, iklan baris, teks
pidato, karya ilmiah, dan
menyunting serta menulis karya
sastra puisi dan drama.
Menulis catatan pengalaman pada buku harian
·         Menentukan catatan buku harian berdasarkan konteks
·         Memperbaiki catatan buku harian
·         Melengkapi catatan buku harian

o        Disajikan ilustrasi pengalaman pribadi, siswa dapat menentukan kalimat dalam buku harian sesuai ilustrasi tersebut26
o        Disajikan catatan harian yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
o        Disajikan catatan harian yang diksinya tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikannya

Menentukan isi pesan singkat sesuai konteks
·         Melenkapi pesan singkat
·         Menentukan isi pesan singkat berdasarkan konteks


o        Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan isi pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut27
o        Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan penulisan pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut
o        Disajikan pesan singkat yang informasinya tidak jelas, siswa dapat menentukan perbaikannya
o        Disajikan pesan singkat yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan tepat

Menulis/menentukan paragraf laporan
·         Menentukan susunan kalimat laporan
·         Menentukan judul laporan
·         Menentukan kalimat laporan berdasarkan konteks

o        Disajikan lima kalimat laporan yang belum tersusun secara padu, siswa dapat menyusunnya menjadi paragraf yang padu
o        Disajikan data hasil lomba, siswa dapat menentukan paragraf laporan yang tepat tentang hasil lomba tersebut
o        Disajikan paragraf laporan, siswa dapat menentukan judul laporan yang tepat
o        Disajikan paragraf isi laporan yang salah satu bagiannya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat

Menulis/melengkapi surat pribadi
·         Melengkapi surat pribadi
·         Menentukan balasan surat pribadi

o        Disajikan kutipan surat pribadi yang bagian pembuka, isi, atau penutupnya  dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
o        Disajikan ilustrasi kegiatan, siswa dapat menentukan pembuka, isi, atau penutup surat pribadi sesuai ilustrasi tersebut
o        Disajikan kutipan surat pribadi, siswa dapat menentukan balasan yang tepat terhadap surat tersebut

Menulis/melengkapi surat resmi
·         Melengkapi bagian surat resmi
·         Memperbaiki bagian surat resmi yang salah
·         Menentukan isi surat resmi berasarkan konteks

o        Disajikan kutipan surat resmi yang bagian alamatnya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya
o        Disajikan kutipan surat pribadi yang bagian tanggal suratnya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya
o        Disajikan kutipan surat pribadi yang bagian isinya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya
o        Disajikan kutipan surat pribadi yang bagian penutupnya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya
o        Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan isi surat berdasarkan ilustrasi kegiatan tersebut
o        Disajikan surat resmi yang bagiannya (pembuka, isi, penutup, alamat, tanggal surat) tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikannya dengan tepat
o        Disajikan kutipan surat resmi yang beberapa bagian dirumpangkan, siswa dapat
-          melengkapinya dengan tanggal surat yang tepat
-          melengkapi bagian isi surat yang tepat
-          melengkapi bagian penutup surat tersebut dengan kalimat yang tepat

Menulis/menentukan rangkuman
·         Menentukan rangkuman bacaan


o        Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas dua atau tiga paragraf, siswa  dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut

Menulis/menentukan slogan
·         Menentukan slogan berdasarkan konteks
·         Menyunting slogan

o        Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan slogan yang sesuai ilustrasi tersebut
o        Disajikan slogan yang penggunaan pilihan katanya tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat

Menulis/melengkapi petunjuk melakukan sesuatu
·         Melengkapi kalimat petunjung rumpang
·         Menyuyun kalimat petunjuk yang belum padu/runtut
·         Menentukan petunjuk berdasarkan konteks

o        Disajikan petunjuk melakukan sesuatu yang beberapa kalimatnya dirumpangkan,  siswa dapat melengkapinya dengan tepat
o        Disajikan beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat

Menulis/melengkapi kutipan pidato
·         Melengkapi bagian pembuka, isi, atau penutup teks pidato
·         Menentukan bagian pembuka, isi, atau penutup terhadap berdasarkan konteks
·         Menyunting teks pidato


o        Disajikan sebuah ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan paragraf bagian pembuka, isi, atau penutup teks pidato yang tepat
o        Disajikan teks pidato yang dirumpangkan bagian  pembuka, isi, atau putupnya,  siswa dapat melengkapinya dengan tepat
o        Disajikan teks pidatao yang struktur kalimat tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikannya

Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)
·         Menentukan rumusan masalah
·         Menentukan simpulan berdasarkan laporan karya ilmiah
·         Menentukan saran berdasarkan simpulan
·         Menentukan penulisan daftar pustaka berdasarkan data buku


o        Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema
o        Disajikan identifikasi masalah karya ilmiah, siswa dapat menentukan paragraf latar belakang berdasarkan identifikasi masalah karya ilmiah tersebut
o        Disajikan paragraf  laporan karya ilmiah, siswa dapat menentukan simpulan berdasarkan  laporan karya ilmiah
o        Disajikan simpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan saran berdasarkan simpulan karya ilmiah
o        Disajikan dua data buku, siswa dapat menentukan penulisan daftar pustaka

Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
·         Memperbaiki ejaan, tanda baca, pilihan kata, atau kalimat tidak efektif
·         Membuang/mengganti kalimat tidak padu dalam paragraf


o        Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat58
o        Disajikan kalimat tidak efektif dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat
o        Disajikan kalimat tidak padu dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikannya
o        Disajikan beberapa penggunaan huruf kapital salah dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat
o        Disajikan beberapa penggunaan tanda baca salah dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat
o        Disajikan paragraf yang menggunakan beberapa pilihan kata salah, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat

Menulis/melengkapi pantun
·         Melengkapi sampiran/isi pantun rumpang
·         Menentukan pantun berdasarkan konteks
·         Menentukan pantun balasan

o        Disajikan pantun yang larik sampiran/isinya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat46
o        Disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan pantun yang sesuai ilustrasi tersebut45
o        Disajikan sebuah pantun, siswa dapat menentukan pantun balasan yang tepat

Menulis/melengkapi puisi
·         Melengkapi puisi dengan larik bermajas/pilihan kata
·         Menentukan  puisi berdasarkan konteks (ilustrasi pengalaman, gambar)

o        Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi dengan larik bermajas
o        Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut dengan pilihan kata yang tepat48
o        Disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan puisi yang sesuai ilustrasi tersebut
o        Disajikan gambar, siswa dapat menentukan puisi yang sesuai ilustrasi tersebut

Menulis/melengkapi drama
·         Melengkapi naskah drama
·         Menentukan drama berdasarkan konteks
·         Menyunting penulisan drama


o        Disajikan kutipan drama yang dialognya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
o        Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan drama yang tepat berdasarkan cerpen tersebut
o        Disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan drama yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut
o        Disajikan kutipan drama yang penulisannya salah, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat60