Selasa, 11 Januari 2011

prediksi soal b Ind. SMP 2011

PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
1. SKL :Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita,opini/ tajuk, tabel,bagan,grafik,peta,denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi,cerpen,novel,dan drama.
Kemampuan yang diuji: Menentukan isi dan bagian suatu paragraf.
Indikator : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut.


Soal
Data Depbubpar tahun 2008 menurut Sapto ,menunjukkan setidaknya baru sekitar 300.000 orang China berkunjung ke Indonesia . Jumlah tersebut sangat sedikit bila dibandingkan dengan kunjungan warga China kemalaysia dan Singapura yang masing-masing mencapai 1 juta orang per tahun. Padahal , jika dikalkulasi , setidaknya ada 12 juta orang China setiap tahun berkunjung ke luar negeri, salah satunya untuk berwisata.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah…
A. Data Depbudpar tahun 2008 sekitar 300.000 orang China datang ke Indonesia.
B. Data Depbudpar tahun 2008 tentang wisatawan China ke Indonesia.
C. Jumlah wisatawan China yang datang ke Indonesia.
D. Jumlah wisatawan China ke luar negeri 12 juta.
Kunci jawaban : B

2. SKL :Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita,opini/ tajuk, tabel,bagan,grafik,peta,denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi,cerpen,novel,dan drama.
Indikator :Disajikan sebuah paragraf yang kalimatnya diberi nomor , siswa dapat menentukan kalimat utama pada paragraf tersebut.
Soal:
(1) Ramadan diyakini sebagai bulan penuh kemuliaan . (2) Tuhan mewajibkan semua umat Islamuntuk menjalankan puasa. (3) Salah satu kewajiban di bulan suci adalah berpuasa. (4) Puasa merupakan rukun Islam ketiga. (5) Dengan berpuasa umat Islam dapat meningkatkan iman dan takwanya.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor … .
A. a.(2)
B. b.(3)
C. c.(4)
D. d.(5)

Kunci jawaban : D
3. SKL :Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita,opini/ tajuk, tabel,bagan,grafik,peta,denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi,cerpen,novel,dan drama.

Kemampuan yang diuji:Menentukan kritik terhadap isi bacaan.
Indikator :Disajikan bacaan terdiri atas satu paragraf, siswa dapat menentukan kritik terhadap isi bacaan.
Soal:
Meski tiket kereta api kelas komersial untuk mudik lebaran 2010 sudah habis terjual, PT Kereta Api menjamin masih ada tiket yang bakal dijual menjelang hari keberangkatan. Tiket yang sudah ludes diborong pemudik itu merupakan formasi tempat duduk pada rangkaian KA reguler yang beropersi sehari-hari.

Kritikan terhadap isi paragraf tersebut adalah ...
A. PT KA harus bertanggung jawab menjual tiket menjelang keberangkatan.
B. PT KA seharusnya jauh-jauh hari menyediakan gerbong dan tiket untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.
C. PT KA sebaiknya tidak usah menambah gerbong.
D. PT KA sebaiknya menjual tiket menjelang hari lebaran.
Kunci Jawaban : B

4. SKL :Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita,opini/ tajuk, tabel,bagan,grafik,peta,denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi,cerpen,novel,dan drama.
Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/ tajuk.
Indikator : Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan persamaan isi berita.

Soal:


Teks 1
Kasi Ditlantas Polda Jateng menghimbau kepada para guru untuk memasukkan peraturan lalu lintas dalam pembelajaran di tingkat SMP. Hal itu beliau ungkapkan dalam kegiatan workshop MGMP SSN SMP tingkat propinsi Jateng tahun 2010 di DIKJUR Jateng.

Teks 2
I Wayan Tudisubawa SH mengatakan” data korban kecelakaan terbesar di Jateng didominasi sepeda motor dengan pengendara anak berusia 13 – 15 tahun” untuk itu beliau sangat mengharapkan para guru SMP untuk memasukkan peraturan lalu lintas dalam pelajaran di sekolah. Beliau mengatakan hal itu di depan peserta workshop MGMP SSN se jawa tengah di Semarang.

Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah:
A. Kecelakaan di jalan raya cukup tinggi di Jawa Tengah didominasi oleh sepeda motor.
B. Himbauan Kasi Ditlantas Jateng agar para guru memasukkan peraturan lalu lintas dalam pembelajaran.
C. Kecelakaan di Jateng menelan banyak korban siswa SMP yang belum mempunyai SIM C nekat naik sepeda motor.
D. Himbauan Kasi Ditlantas Jateng agar para guru ikut menangani peraturan lalu lintas.

Kunci jawaban : B

5. SKL :Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita,opini/ tajuk, tabel,bagan,grafik,peta,denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi,cerpen,novel,dan drama.
Indikator :Disajikan dua kutipan berita , siswa dapat menentukan perbedaan penyajian berita tersebut.
Soal :
Perbedaan penyajian kedua teks berita di atas adalah …
Teks 1 Teks 2
A. a.siapa- mengapa- apa- dimana a. siapa- apa- mengapa- dimana
B. b. siapa- apa- mengapa- dimana b. siapa- apa- mengapa- dimana
C. c. siapa- dimana- mengapa- apa c. apa- siapa- mengapa- dimana
D. d. apa- mengapa- siapa- dimana d. dimana- siapa- apa- mengapa,

Kunci jawaban : A

6. SKL :Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita,opini/ tajuk, tabel,bagan,grafik,peta,denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi,cerpen,novel,dan drama.
Indikator : disajikan sebuah kutripan berita, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada kutipan berita tersebut.
Soal:
Awalnya smartphone Black Berry diluncurkan untuk ditujukan lebih kepada pekerja kantoran untuk menunjang kinerja dan disaat bersamaan tidak kehilangan info penting tentang prusahaan karena jadwal penting perusahaan, file dan e-mail yang masuk ke komputer mereka di kantor akan terkoneksi dengan Black Barry mereka.
Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam kutipan tersebut adalah…
A. Kapan Smart phone black barry diluncurkan
B. Dimana smart phone Black Barry diluncurkan
C. Mengapa smart phone Black Barry diluncurkan
D. Bagaimana smart phone Black Barry diluncurkan
Kunci Jawaban : C

7. SKL :Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita,opini/ tajuk, tabel,bagan,grafik,peta,denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi,cerpen,novel,dan drama.
Kemampuan yang diuji: menentukan kalimat fakta atau pendapat.
Indikator ; disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat fakta atau pendapat paragraf tersebut.
Soal:
(1)Wajah Fristi Marta Ulina Hasibuan terlhat membengkak. (2)Butiran air mata seolah tak berhenti mengalir dari kelopak mata wanita yang tengah hamil tujuh bulan itu sejak mengetahui suaminya, Briptu Imanuel Simanjuntak tewas. (3)Fristi sendiri tampak sangat terpukul.(4) Menurut Kapolda Sumut Irjenpol Oegroseno yang ditemui disela-sela pemakaman pihaknya sedang memberu pelakunya.
Fakta pada teks di atas tedapat pada nomor… .
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

Kunci Jawaban : D

8. SKL :Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita,opini/ tajuk, tabel,bagan,grafik,peta,denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi,cerpen,novel,dan drama.
Kemampuan yang diuji: menyimpulkan isi paragraf.
Indikator : disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan isi paragraf tersebut.
Soal:
Menjelang arus mudik, pemerintah belum mengeluarkan keputusan besaran tarif angkutan lebaran 2010 bagi kendaraan umum. Karena belum ada aturan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan informatika
Jateng tetap menggunakan aturan tarif berdasarkan keputusan 2009 lalu.
Simpulan paragraf tersebut … .
a. Menjelang arus mudik pemerintah Jateng mengeluarkan keputusan tarif angkutan lebaran 2010.
b. Menjelang arus mudik pemerintah Jateng belum mengeluarkan keputusan tarif angkutan lebaran 2010.
c. Menjelang arus mudik pemerintah Jateng akan mengeluarkan keputusan tarif angkutan lebaran 2010.
d. Pemerintah jateng memberlakukan aturan tarif angkutan lebaran 2010 sama dengan tahun lalu.
Kunci Jawaban : D

9. SKL :Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita,opini/ tajuk, tabel,bagan,grafik,peta,denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi,cerpen,novel,dan drama.
Kemampuan yang diuji :menentukan isi tajuk .
Indikator :disajikan kutipan tajuk,siswa dapat menentukan keberpihakan penulis tajuk tersebut.
Soal:
Rakyat jugalah yang menjadi korban dalam kasus raibnya Rp.13,5 miliar dari rekening Bank Mandiri UNDIP.Rekening yang tiba-tiba kosong ketika uangnya hendak dicairkan,dan proses overbooking
Yang misterius tentu tidak mungkin begitu saja terjadi tanpa ada mata rantainya.Lalu bagaimana mata rantainya sampai terjadi pemindahbukuan,itulah kiranya yang membutuhkan penelisihan mendalam
Untuk menguak tabir pembayaran ganti rugi lahan kering di Jatirunggo Pringapus Kabupaten Semarang.
Diduga persoalan itu muncul karena ada persekokongkolan.Logikanya tidaklah mungkin warga bersedia melakukan tidakan yang hanya akan merugikann dirinya.Tampaknya,ada upaya untuk memanfaatkan kekurangpahaman,kepolosan,atau kelengahan warga yang telah terancam secara sistematis.Kalaupun pemindahan bukuan itu disebut-sebut telah memenuhi prosedur administratif,apa
Kah proses yang dilewati secara normatif itu sudah syah secara subtantif, artinya warga benar-benar sadar dan tahu apa yang dilakukannya?
Jelaslah sangat tidak bijak menyebut proses ganti rugi itu sudah selesai,karena masih tersisa persoalan dengan bobot misteri yang harus dikuak secara hukum.Mengapa ada broker yang leluasa beroperasi,hal itu merupakan cermin dari budaya dalam pembebasan tanah warga untuk proyek-proyek besar.Broker leluasa karena punya akses kuat ke titik-titk yang terkait dengan proyek tersebut.
Apakah dibalik itu berlangsung konspirasi atau kerjasama seperti apa,kultur percaloan seperti itulah yang sering memunculkan kekusutan.
Berdasarkan tajuk di atas penulis berpihak pada…
A. Perangkat desa Jatirenggo Pringapus Kabupaten Semarang.
B. Warga Jatirenggo Pringapus Kabupaten Semarang.
C. Bank Mandiri UNDIP.
D. Pemerintah Kabupaten Semarang.
Kunci Jawaban : B

10. SKL :Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita,opini/ tajuk, tabel,bagan,grafik,peta,denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi,cerpen,novel,dan drama.

Kemampuan yang diuji : menyimpulkan isi grafik,tabel,bagan,peta,denah.
Indikator : disajikan sebuah grafik siswa dapat menentukan pernyataan sesuai isi grafik tersebut

Soal: Kesiapan jumlah angkutan lebaran tahun 2010
Unit

Angkutan Lebaran
Dari garfik tersebut pernyataan yang tepat adalah…
a. Jumlah kesiapan angkutan lebaran 2010 pada kereta api berbagai jurusan sebanyak 35 unit
b. Jumlah kesiapan angkutan lebaran 2010 kereta api Sapujagat 10 unit
c. Jumlah kesiapan angkutan lebaran 2010 pada kapal laut 15 unit
d. Jumlah kesiapan angkutan lebaran 2010 pada penerbangan 25 unit
Kunci Jawaban : A

11. SKL :Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita,opini/ tajuk, tabel,bagan,grafik,peta,denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi,cerpen,novel,dan drama.
Indikator : disajikan sebuah tabel siswa dapat menentukan pernyataan sesuai isi tabel tersebut
Tabel Valuta asing: Kurs Perdagangan Valuta Asing di Semarang
Beli Jual
Artamas Niaga Supit Valin Artamas Niaga Supit Valin
US$ 8955 8965 8940 8950 8995 8975 9000 9000
HK$ 1160 1154 1145 1145 1165 1156 1185 1170
AUS 8050 8115 8100 8100 8170 8130 8200 8225
SIN 6600 6595 6600 6610 6630 6615 6650 6640

Dari tabel tersebut pembelian valuta asing US$ pada Artamas sebesar
a. 8965
b. 8955
c. 8950
d. 8940
Kunci Jawaban : B

12. SKL :Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita,opini/ tajuk, tabel,bagan,grafik,peta,denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi,cerpen,novel,dan drama.
Indikator : Disajikan senuah tabel , siswa dapat menetukan simpulan isi tabel
Tarif Iklan
Harga iklan/mmk: (Bayar didepan belum termasuk PPN10%)
no Jenis Tarif
1 Umum/display Rp37.500
2 Sosial/keluarga sampai dengan 300mmk Rp21.500
3 Lebih dari 300mmk Rp27.500
4 Duka cita (sampai dengan 300mmk) Rp18.000
5 Iklan satu koloman (20mmk-150mmk) Rp21.000
6 Iklan keluarga khusus (1 x50mmk) Rp350.000

Dari tabel tersebut tarif iklan paling mahal pada….
a. Iklan umum
b. Iklan dukacita
c. Iklan Keluarga khusus
d. Iklan sosial
Kunci Jawaban : C


13. SKL : Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis( artikel, berita, oponi/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, novel dan drama

Kemampuan yang diuji: menyimpulkan isi grafik , tabel, bagan, peta, denah

Indikator : disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan pernyataan sesuai isi denah tersebut.















Penjelasan isi denah yang tepat adalah…
a. letak pasar di sebelah timur kantor polisi.
b. letak pasar di sebelah selatan kantor bank.
c. letak kantor bank di sebelah timur pasar hewan.
d. letak kantor polisi di sebelah timur pegadaian.

Kunci: D
Pembahasan: Letak pasar di sebelah barat pegadaian atau di sebelah utara kantor bank. Letak kantor bank di sebelah selatan pasar atau di sebelah barat pasar hewan. Jadi jawabannya adalah D karena letak kantor polisi di sebelah timur pegadaian.

14. SKL : Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis( artikel, berita, oponi/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, novel dan drama

Kemampuan yang diuji: menyimpulkan isi grafik , tabel, bagan, peta, denah

Indikator : disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan pernyataan sesuai isi denah tersebut.








Berdasarkan denah tersebut, perjalanan yang lebih cepat menuju Gedung Agung, bila kita berada di jalan Jawa adalah ...
a. dari jalan Jawa belok kiri menuju jalan Pancasila.
b. dari jalan Ahmad Dahlan belok kiri jalan Jawa melewati Gedung Agung.
c. melalui jalan Pancasila belok kiri ke jalan Ahmad Dahlan, masuk jalan Pancasila.
d. menuju jalan Agus Salim belok kiri ke jalan Pancasila.
Kunci: A
Pembahasan: Dari jalan Jawa menuju Gedung Agung yang paling dekat melalui jalan Agus Salim menuju jalan Pancasila sampailah di tujuan yaitu Gedung Agung. Jika melalui jalan Akhmad Dahlan atau jalan Pemuda terlalu jauh. Jadi jawabannya adalah A.

15. SKL : Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis( artikel, berita, oponi/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, novel dan drama

Kemampuan yang diuji: menentukan unsur intrinsik puisi

Indikator : disajikan kutipan puisi, siswa dapat menentukan citraan puisi tersebut
Soal:
Bacalah penggalan puisi berikut dengan teliti!

Berilah kiranya yang tumbuh
Air mengalir
Hujan menyerbu tanah air

Citraan puisi tersebut adalah….
a. dengaran
b. Llhatan
c. gerak
d. pembau

Kunci jawaban: C

Pembahasan: Kata tumbuh, mengalir, menyerbu menyatakan gerak. Jadi citraan puisi tersrbut adalah citraan gerak.

16. SKL : Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis( artikel, berita, oponi/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, novel dan drama

Kemampuan yang diuji: menentukan unsur intrinsik puisi

Indikator : disajikan kutipan puisi, siswa dapat menentukan majas pada puisi tersebut.



Soal:
Angin…
Engkau bertiup sepoi-sepoi
Menyapa sang dedaunan
Indah nian

Penggalan puisi di atas bermajas….
a. hiperbola
b. personofikasi
c. litotes
d. metafora

Kunci jawaban: B
Pembahasan: Angin Menyapa dedaunan bermajas personifikasi. Jadi puisi di atas bermajas personifikasi.

17. SKL : Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis( artikel, berita, oponi/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, novel dan drama
Kemampuan yang Diuji : Menentukan watak, latar, sudut pandang pengarang, tahapan alur, dalam cerpen
Indikator Soal : menentukan konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut
Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 17 s.d. 18!
”Agung ...!” panggil Bapak dengan suara yang cukup keras. Beberapa detik kemudian Agung muncul. Melihat Alih ada di gendongan Bapak, hatinya berdegup.
”Sini! Ikut Bapak!” kata Bapak sambil berjalan.(1)
Agung tahu, apa yang bakal terjadi. Biasanya Bapak akan menasehatinya sambil menjewer telinganya
Setelah Alih diberikan ke Ibu, Bapak masuk ke kamarnya.
”Masuk!” kata Bapak, lalu menutup pintu setelah Agung masuk.(2)
”Kamu tahu kesalahanmu?” tanya Bapak sambil melepas ikat pinggang.
”Tahu, Pak.” jawab Agung
”Apa itu?”
”Alih Agung dudukkan di tangkai pohon.”
”Bagus! Dititipi Alih agar dijaga, malah Alih ditaruh di tangkai pohon dan kamu main sendiri. Kamu tahu hukuman terhadap kesalahanmu?”
”Tahu, Pak.”
”Hadap belakang!” kata Bapak. (3)
Lalu sebentar kemudian Bapak mengayunkan ikat pinggangnya ke kaki Agung tiga kali. Agung tampak mengumpulkan seluruh tenaganya untuk menahan sakit. Tapi apa daya, ikat pinggang itu terlalu keras menghantam kakinya, sehingga rasa sakit itu membuatnya meringis.

SOAL
Konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Bapak menghukum Agung dengan mencambukkan ikat pinggang.
B. Bapak menitipkan Alih pada Agung untuk dijaga saat Bapak pergi.
C. Agung mendudukkan Alih di tangkai pohon.
D. Agung menahan sakit akibat cambukan ikat pinggang Bapak.


Kunci Jawaban : A

Pembahasan:
Konflik adalah masalah yang timbul dalam diri tokoh akibat peristiwa yang terjadi. Peristiwa yang menyebabkan timbulnya masalah dalam tokoh Agung adalah ketika dia melakukan kesalahan, yaitu dia mendudukkan Alih, adiknya di tangkai pohon, ketika Bapak mempercayakan adiknya dalam pengawasannya. Dan puncak dari masalah tersebut, yang merupakan konflik puncak adalah hukuman yang diberikan Bapak ternyata di luar dugaannya.

18. SKL : Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis( artikel, berita, oponi/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, novel dan drama
Kemampuan yang Diuji : Menentukan watak, latar , sudut pandang pengarang, terhadap alur, dalam cerpen
Indikator Soal : Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat
menentukan bukti latar tempat pada kutipan cerpen tersebut

SOAL
Bukti latar tempat pada kutipan cerita di atas ditandai nomor ...
A. (1) C. (3)
B. (2) D. (4)

Kunci Jawaban : B

Pembahasan :
Latar tempat adalah tempat terjadinya peristiwa dalam cerita. Tempat terjadinya peristiwa dalam cerpen tersebut adalah ketika Agung dihukum Bapak karena kesalahannya dan peristiwa penghukuman terjadi di kamar Bapak.
Kata kunci (yang dirujuk): … Bapak masuk ke kamarnya. (latar tempat)

19. SKL : Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis( artikel, berita, oponi/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, novel dan drama
Kemampuan yang diuji : Menentukan cara mengetahui watak tokoh
Indikator : disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan cara mengetahui watak tokoh dalam cerpen.

SOAL
Bacalah kutipan cerpen dibawah ini!
Senja baru saja pergi dan malam pun tiba. Riwanto melangkah perlahan ke dalam rumahnya. Dalam hatinya dia sudah bertekad untuk berlayar kembali karena laut adalah kehidupannya. Tekad itu sudah disimpan kuat dalam hatinya. Riwanto yakin pula bahwa kehidupan itu sendiri yang akan mendidik anaknya menjadi manusia yang kuat dan mandiri. Apapun yang terjadi, dia harus berlayar kembali.
Watak tokoh Riwanto dalam cuplikan cerita di atas adalah ....
A. pemarah
B. penurut
C. pasrah
D. keras
Kunci Jawaban : D
Pembahasan:
Watak Riwanto keras hal itu dapat ditujukkan dalam kalimat “Tekad itu sudah disimpan kuat dalam hatinya. Riwanto yakin pula bahwa kehidupan itu sendiri yang akan mendidik anaknya menjadi manusia yang kuat dan mandiri.”

20. SKL : Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis( artikel, berita, oponi/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, novel dan drama
Kemampuan yang diuji : Menentukan perbedaan tema, latar, sudut pandang, konflik novel
Indikator Soal : Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan karakteristik kedua novel tersebut

SOAL
Bacalah kedua kutipan novel berikut dengan saksama!
Kutipan I
Keluar dari anjungan internasional Bandara Soekarno Hatta, aku ke terminal pemberangkatan dalam negeri dan di sana beberapa pria sangar menyongsongku dengan sikap ingin merebut tas-tasku. Beringas, bermata liar. Sungguh berbeda dari tingkah laku Anke Molenaar. Manusia melimpah ruah. Peak season, warga Tionghoa sibuk hilir mudik untuk ritual tahunan sembahyang kubur.

Kutipan II
Datuk Maringgih, dengan keserakahannya, menginginkan Siti Nurbaya untuk menjadi istrinya yang kesekian. Dengan licik, Datuk Maringgih beserta kaki tangannya berhasil menghancurkan perniagaan Baginda Sulaiman, ayah Siti Nurbaya. Selain itu, Datuk Maringgih meminjamkan uang kepada Baginda Sulaiman untuk memuluskan keinginannya. Karena utang yang tak terbayar dengan cepat oleh Baginda Sulaiman, Datuk Maringgih berhasil menikahI Siti Nurbaya. Dia mengikuti keinginan Datuk Maringgih dengan pasrah, karena tidak rela ayahnya dipenjara.

Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah ...
Kutipan I Kutipan II
A Sudut pandang aku-an Sudut pan dang dia-an
B Sudut pandang dia-an Sudut pandang aku-an
C. Latar tidak jelas Latar jelas
D Watak tokoh ‘aku’ jelas Watak Datuk Maringgih tidak jelas

Kunci Jawaban : A
Pembahasan:
Perbedaan yang terlihat pada kedua kutipan novel tersebut yaitu sudut pandang pengarang yang digunakan dalam novel. Teks 1: menggunakan kata ganti orang pertama ( aku), merupakan tokoh utama. Teks II : menggunakan kata ganti orang ketiga, menggunakan nama-nama orang yang diceritakan ( Siti Nurbaya, Datuk Maringgih, Baginda Sulaiman) dan kata ganti dia/ nya.

21. SKL/KD : Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis berbagai
karya sastra berbentuk novel
Kemampuan yang diuji : Menentukan perbedaan sudut pandang pengarang dalam novel
Indikator : Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan bukti sudut pandang novel tersebut
Soal :
MUSIBAH PERTAMA
ROCKI BUDIMAN menatap nanar pada bangunan yang tinggi menjulang di hadapan-nya. Bermandikan cahaya bulan dan lampu-lampu sorot hijau dan kuning, bangunan itu nampak lebih seram daripada sebelumnya. Tanpa terasa ia bergidik. Di sampingnya, dalam posisi berjongkok adalah Yudho Adhiputra Di Universitas Millennia. Ia adalah bintang rugby sekolah sekaligus penabuh drum sebuah band. Demikian pula halnya dengan Rocki, sahabatnya. ia adalah bintang basket pujaan setiap anggota tim pemandu sorak dan jagoan yang disegani teman-teman putra.
Kitab Nukilan Novel, Horison

LASKAR PELANGI
Aku maju sedikit, membunyikan lonceng sepeda, bertepuk tangan, berdeham-deham, membuat bunyi-bunyian agar dia merayap pergi. Tapi ia bergeming. Ukurannya dan teritip yang tumbuh di punggungnya memperlihatkan dia penguasa rawa ini. Dan sekarang saatnya mandi matahari. Secara fisik dan psikologis binatang atau secara apa pun, buaya ini akan menang. Ilmu tak berlaku di sini.
“Tapi lebih dari setengah perjalanan sudah, aku tak kan kembali pulang gara-gara buaya bodoh ini. Tak ada kata bolos dalam kamusku, dan hari ini ada tarikh Islam, mata pelajaran yang menarik. Ingin kudebatkan kisah ayat-ayat suci yang memastikan kemenangan Byzantium tujuh tahun sebelum kejadian. Sudah siang, aku maju sedikit, aku pasti terlambat tiba di sekolah.”
Andrea Hirata
Perbedaan sudut pandang kedua kutipan novel di atas adalah …
Musibah Pertama Laskar Pelangi
A. Orang pertama pelaku utama Orang ketiga pelaku utama
B. Orang ketiga pelaku utama Orang pertama pelaku utama
C. Orang pertama pelaku sampingan Orang ketiga pelaku utama
D. Orang ketiga pelaku utama Orang ketiga pelaku sampingan

Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Tokoh utama pada kutipan novel Musibah Pertama adalah Yudho Adhiputra dan temanya Rocki. Pengarang menggunakan sudut pandang orang ketiga (dia) dalam menyajikan cerita. Sedangkan pada kutipan novel Laskar Pelangi, tokoh utamanya adalah aku. Cerita disajikan menggunakan sudut pandang orang pertama.

22. SKL/KD : Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis berbagai karya sastra berbentuk novel
Kemampuan yang diuji : Menentukan bukti latar dan watak tokoh novel
Indikator : Disajikan kutipan novel, siswa dapat menentukan watak tokoh novel tersebut
Soal :
MATILDA
Matilda oleh ayah dan ibunya tidak dianggap sama sekali atau paling-paling dianggap seperti “ketombe” karena dianggap hanya mengganggu. Justru karena kepintarannya, dia dianggap pengganggu kesibukan mereka sebagai pedagang mobil yang sukses. Ketika berumur tiga tahun, Matilda sudah bisa membaca.
”Daddy,” katanya pada ayahnya,
“Bolehkah aku minta dibelikan buku?”
”Buku?” kata Mr. Wormwood dengan sebal.
“Untuk apa?”
”Untuk dibaca, Daddy.”
”Apa kurangnya televisi?” tukas ayahnya.
“Kita kan sudah punya televisi yang bagus. Sekarang minta buku lagi! Kau ini manja!”
Roald dahl
Pernyataan watak tokoh novel tersebut yang tepat adalah …
A. Matilda adalah anak manja
B. Ibunya Matilda memiliki watak keras kepala
C. Matilda suka mengganggu kesibukan ayahnya
D. Mr. Wormwood tidak perhatian kepada anaknya

Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Kedua orang tua Matilda adalah orang yang tidak memiliki perhatian kepada anaknya. Kepintaran Matilda tidak mendapat respon positif dari mereka, bahkan hanya dianggap mengganggu. Kebutuhan Matilda untuk mendapatkan buku karena sudah bisa membaca ditanggapi ayahnya dengan perasaan tidak senang.

23. SKL/KD : Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis berbagai karya sastra berbentuk drama
Kemampuan yang diuji : Menentukan watak tokoh, latar, suasana drama dan buktinya
Indikator : Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan bukti latar drama tersebut
Soal :
Tidak seperti biasanya, Anton berpakaian begitu rapi sore itu keluar dari rumahnya. Terlihat pula ia membawa sesuatu di tasnya. Langkah kakinya begitu gagah menuju rumah Tika. Di rumah Tika sudah banyak teman-teman yang datang. Mereka berkumpul di tepi kolam renang. Rupanya Tika sedang merayakan ulang tahunnya. Begitu melihat Anton, Tika langsung menyambut penuh keceriaan.
Tika : “Selamat datang, Anton. Aku kira kamu tidak akan datang.”
Anton : “Untukmu selalu saja ada waktu luang.” (matanya memandang 17 lilin di tengah
kolam renang)
Tika : “Ah, bisa saja kamu. Aku jadi tersanjung.”
Anton : “ Tika …. “ (memberikan sesuatu kepada Tika)
Tika ; “Terima kasih. Ini pasti sesuatu yang istimewa.”
Latar tempat perayaan ulang tahun Tika adalah …
A. di rumah Anton
B. di rumah Tika
C. di tepi kolam renang
D. Di tengah kolam renang
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Jawaban A salah, karena Anton keluar dari rumahnya menuju rumah Tika untuk menghadiri perayaan ulang tahun Tika. Jawaban B kurang spesifik. Jawaban D tidak tepat karena karena perayaannya tidak dilakukan di tengah kolam. Yang ada di tengah kolam hanyalah 17 lilin. Jawaban C paling tepat, perayaan ulang tahun diadakan di tepi kolam di rumah Tika. Terbukti teman-teman Tika berkumpul di tempat itu untuk merayakan ulang tahunnya.

24. SKL/KD : Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis berbagai karya sastra berbentuk drama
Kemampuan yang diuji : Menentukan konflik dan amanat serta buktinya
Indikator : Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan konflik drama tersebut
Soal :
Koswara : Sejak aku pulang tadi malam, tak sedikit pun engkau gembira tampaknya.
Rini : Engkau dan aku tentu saja berbeda. Di sini serba kekurangan, di sana dalam
surga kenangan berjalan-jalan di bawah rembulan.
Koswara : Sejak Nona Zahra di sini, tak habis-habisnya engkau menyindirku.
Rini : Katakan saja pucuk dicinta ulam tiba (tertawa mengejek). Tidakkah engkau
gembira bertemu lagi dengan nona manis itu? Dan sekali ini tidak disertai pula!
Tentu banyak yang kaucurahkan kepadanya.
Koswara : Kenalanku perempuan ada beberapa dahulu. Tidak pernah engkau cemburu
sekeras itu!
Rini : Sikapmu pada yang lain itu berbeda.
(Pecahan Ratna, Aoh K. Hadimadja)
Konflik penggalan drama di atas adalah …
A. Seorang suami yang berkhianat kepada istri.
B. Seorang istri yang terlalu cemburu kepada suami.
C. Perselisihan suami istri karena salah paham.
D. Pertengkaran dalam keluarga.

Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Jawaban A suami yang berkhianat kepada istri tidak didukung bukti. Jawaban C kesalahpahaman yang menjadi sebab perselisihan suami istri tidak diperlihatkan. Jawaban D pertengkaran dalam keluarga masih bersifat umum. Pilihan jawaban yang benar adalah B. Perselisihan/pertengkaran yang terjadi karena Rini terlalu cemburu kepada suaminya yang bertemu dengan mantan kekasihnya, Nona Zahra. Dia mengira suaminya sangat senang bertemu kembali dengan Nona Zahra dan mengabaikannya..

25. SKL : Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama.
Kemampuan yang Diuji : Menulis catatan pengalaman pada buku harian
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi pengalaman pribadi, siswa dapat menentukan kalimat dalam buku harian sesuai dengan ilustrasi tersebut.
SOAL :
Selasa, 17 Agustus 2010 tepatnya pukul 11.30, pengumuman pemenang lomba baca puisi dibacakan oleh Ketua Panitia di halaman kantor Kecamatan Karangtengah. Aku, pemenang pertama. Aku sangat bangga dan bahagia berhasil menjadi pemenang.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, kalimat yang tepat untuk ditulis dalam buku harian adalah ...
A. Selasa, 17 Agustus 2010. Aku diumumkan sebagai pemenang lomba baca puisi di halaman kantor Kecamatan Karangtengah. Aku sangat senang dan bahagia.
B. Selasa, 17 Agustus 2010. Pukul 11.30 Ketua Panitia mengumunkan bahwa Aku menjadi pemenang lomba baca puisi di halaman kantor Kecamatan Karangtengah. Aku sangat berbahagia.
C. Selasa, 17 Agustus 2010, tepatnya pukul 11.30. Namaku diumumkan sebagai pemenang pertama lomba baca puisi di halaman kantor Kecamatan Karangtengah. Hore ... aku berjalan menuju mimbar dengan rasa bangga, bahagia bercampur haru.
D. Selasa, 17 Agustus 2010, tepatnya pukul 11.30. Namaku diumumkan sebagai pemenang lomba baca puisi di halaman kantor Kecamatan Karangtengah. Saya bangga karena Aku menjadi pemenang sesuai dengan arti namanya.

Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Sesuai dengan data dalam ilustrasi, memenuhi unsur buku harian, yaitu waktu, tempat, peristiwa mengungkapkan perasaan dan menggunakan kata aku ( pilihan A, B dan D, terpenuhi unsur pembuatan buku harian tetapi kata yang mengungkapkan perasaan tidak ada, sedangkan pilihan C selain unsurnya terpenuhi juga memiliki kata yang menunjukkan perasaan bahagia dan bangganya (Hore...aku berjalan ...)

26. SKL : Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama.
Kemampuan yang Diuji : Menulis catatan pengalaman pada buku harian
Indikator Soal : Disajikan catatan harian yang diksinya tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikannya.
SOAL :
Kalimat yang tepat dalam buku harian yang ditulis Meilinda berikut adalah ...
A. Minggu, 22 Agustus 2010. Tak pernah kuduga bila teman-temanku sangat memperhatikan dan menyayangiku. Di hari ulang tahunku yang ke-15 mereka memberiku kado yang sangat istimewa. Aku begitu gembira dan terharu karena hal itu tak pernah kuduga sebelumnya.
B. Minggu, 22 Agustus 2010. Farra dan kawan-kawannya mengundangku untuk merayakan hari ulang tahunku. Acara dimulai pada pukul 15.00 WIB. Mengapa mereka membuat acara seperti itu aku tidak tahu?
C. Minggu, 22 Agustus 2010. Aku diundang ke rumah Farra melalui SMS. Aku berusaha untuk datang tepat waktu. Ia membuatku penasaran. Ternyata mereka, teman-temanku menyayangiku. Apabila di suatu hari aku bisa merayakan ulang tahun seperti itu tentu aku akan senang dan sangat berbahagia sekali.
D. Minggu, 22 Agustus 2010. Aku bahagia dan gembira. Teman-temanku pun ikut berbahagia. Acara di hari ulang tahunku sangat meriah di rumah Farra. Namun sayang, orang tuaku tidak bisa menyertaiku. Kapan lagi acara seperti ini akan diadakan lagi.

Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Pernyataan A sangat tepat karena pilihan kata-katanya benar dan baku. Akan tetapi, pada pernyataan B terdapat kesalahan diksi, yaitu pada kalimat “Farra dan kawan-kawannya ... ”( kata ganti -nya sebenarnya sudah disebut pada kata Farra sehingga tidak diperlukan di sini). Pernyataan C juga salah karena menyebutkan bentuk jamak dua kali, yaitu dalam kalimat ” Ternyata mereka, teman-temanku menyayangiku.” Sehingga yang benar adalah ”Ternyata mereka ... atau ”Ternyata teman-temanku ....” Sedangkan untuk pernyataan D terjadi pengulangan kata yang maknanya sama, yaitu pada kalimat ”Aku bahagia dan gembira.”

27. SKL : Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama.
Kemampuan yang Diuji : Menulis catatan pengalaman pada buku harian
Indikator Soal : Disajikan catatan harian yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
SOAL
Selasa, 24 Agustus 2010 kurang lebih pukul 06.30, aku terserempet sepeda motor di pertigaan menuju sekolahku saat aku menyeberangi jalan. …. Rokku sobek. Wah, malu sekali aku waktu teman-teman melihatku.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang dalam buku harian di atas adalah …
A. Aku terlindas sepeda motor.
B. Aku terjatuh di jalan raya.
C. Aku senang bisa terserempet.
D. Aku minta ganti rokku.

Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Pernyataan A tidak tepat karena dalam soal sudah dinyatakan sangat jelas “ aku terserempet … “ bukan terlindas. Pernyataan B benar karena kalimat itu sangat kohesif yang didukung oleh kalimat “…saat aku menyeberangi jalan.” Pernyataan C jelas salah. Sedangkan pernyataan D kurang kohesif dengan kalimat sebelum dan sesudahnya

28. SKL : Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi pesan singkat sesuai konteks.
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan isi pesan singkkat sesuai dengan ilustrasi tersebut.
SOAL
Ketua OSIS SMP Duta Masyarakat akan mengadakan rapat pengurus Koperasi Siswa Serba Usaha pada Kamis, 25 Agustus 2010. Ia meminta sekretaris membuat surat undangan rapat untuk kepentingan tersebut.
Isi memo yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …
A. Harap segera susun surat undangan rapat pengurus Koperasi Siswa!
B. Harus siapkan segera surat undangan rapat pengurus Koperasi Siswa!
C. Segera buat surat undangan rapat pengurus Koperasi Siswa!
D. Tolong edarkan surat undangan rapat pengurus Koperasi Siswa!

Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Pernyataan A kurang tepat karena pemakaian kata “susun” bisa multitafsir. Pernyataan B juga kurang tepat karena pemakaian kata “harus”. Sedangkan untuk pernyataan C lebih tepat karena kalimatnya kohesif dengan ilustrasi yaitu “Ia meminta sekretaris membuat ….” Pernyataan D salah karena menurut ilustrasi surat undangan belum dibuat sehingga pemakaian kata edarkan menjadi penyebab kesalahan.

29. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi pesan singkat sesuai konteks
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan isi pesan singkat yang sesuai ilsutrasi tersebut
SOAL :
Kepala Sekolah meminta kepala tata usaha membuat undangan rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru. Undangan itu ditujukan kepada staf dan guru.
Isi pesan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
A. Buat laporan rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru untuk staf dan guru.
A. Segera buat undangan rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru, untuk staf dan guru.
B. Buat daftar hadir rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru untuk staf dan guru.
C. Rapat pembentukan panitia siswa baru untuk staf dan guru segera dilaksanakan.

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Sesuai data dalam ilustrasi yaitu membuat undang rapat; menggunakan kalimat singkat dan jelas

30. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan paragraf laporan
Indikator Soal : Disajikan lima kalimat laporan yang belum tersusun secara padu, siswa dapat menyusunnya menjadi paragraph yang padu.
SOAL :
(1) Ketika kami turun gunung, hujan salju bertambah lebat.
(2) Sungguh, pengalaman yang tak terlupakan.
(3) Pendakian itu kami lakukan, saat liburan kenaikan kelas.
(4) Maklum baru pertama kali, di sana kami melihat hujan salju.
(5) Perjalanan mendaki gunung tertinggi di Irian Jaya sungguh mengesankan.

Urutan kalimat tersebut yang tepat untuk laporan adalah ...
A. (4), (2), (1), (3), (5)
B. (4), (3), (2), (5), (1)
C. (5), (3), (2), (4), (1)
D. (5), (4), (3), (1), (2)

KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Adanya keterikatan antarunsur dl struktur sintaksis atau struktur wacana yg ditandai antara lain konjungsi, pengulangan, kata ganti/kata pengganti.
Perjalanan mendaki gunung …(kalimat 5); di sana … (kalimat 4); pendakian itu (kalimat 3); hujan salju … lebat (kalimat 1); sungguh …. tak terlupakan (kalimat 2)


31. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan paragraf laporan
Indikator Soal : Disajikan paragraf laporan, siswa dapat menentukan judul laporan yang tepat.
Soal :
Juara bertahan Chrisjon asal Indonesia sukses mempertahankan sabuknya usai mengandaskan Juan Mannel Marquez dengan kemenangan angka mutlak pada perebutan gelar juara dunia kelas bulu versi badan tinju dunia WBA yang digelar di Lapangan Putri Karang Melenu, Tanggarong, Kutai Kertanegara, Kaltim, Sabtu malam. Tiga hakim pemimpin pertandingan memberikan kemenangan angka untuk Chrisjon.

Judul laporan tersebut adalah ....
A. Chrisjon petinju Indonesia yang sukses.
B. Pertandingan Chrisjon dan Juan Mannel Marquez.
C. Chrisjon sukses mempertahankan gelar juara dunia.
D. Hakim pemimpin pertandingan memenangkan Chrisjon.
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Judul laporan menggambarkan isi laporan secara keseluruhan. Judul yang menggambarkan isi laporan secara keseluruhan adalah C.



32.Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan paragraf laporan
Indikator Soal : Disajikan data hasil lomba, siswa dapat menentukan paragraf laporan yang tentang hasil lomba tersebut.
Soal :
Hasil Lomba Cipta Cerpen
Sanggar Ananda Tahun 2010
Juara Nama Nilai
I Rama 699
II Sinta 696
III Krisna 669

Laporan yang tepat berdasarkan data tersebut adalah ...
A. Hasil lomba Cipta Cerpen Sanggar Ananda tahun 2010 adalah sebagai berikut. Rama mendapat juara pertama, Sinta juara kedua, dan Krisna juara ketiga. Urutan nilainya adalah 699, 696, dan 669.
B. Secara berturut-turut hasil Cipta Cerpen Sanggar Ananda tahun 2010 yaitu Sinta mendapat juara pertama, Krisna juara kedua, dan Rama juara ketiga. Dengan jumlah perolehan nilai 699, 696, dan 669.
C. Selama lomba Cipta Cerpen tahun 2010 dapat dilaporkan sebagai berikut. Krisna mendapat juara pertama, Rama juara kedua, dan Sinta juara ketiga. Urutan nilainya adalah 699, 669, dan 696.
D. Hasil lomba Cipta Puisi tahun 2010 adalah sebagai berikut. Sinta mendapat juara pertama, Rama juara kedua, dan kelas Krisna juara ketiga. Perolehan nilainya adalah 699, 696, dan 669.

Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Membaca data pada tabel memerlukan kecermatan dalam menentukan bagian kolom dan baris. Pilihan A sesuai dengan data pada tabel tersaji.

33. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi surat pribadi
Indikator Soal : Disajikan kutipan surat pribadi yang bagian pembukanya dirumpangkan, siswa dapat menentukan kaliamt yang tepat untuk melengkapinya
SOAL :
Jakarta, 14 Februari 2010
Untuk sahabatku Anggi,
Jalan Merdeka 12, Medan

Salam kangen,
[…]
Semoga kamu sekeluarga sehat-sehat seperti halnya aku dan keluargaku.

Tidak terasa sudah setengah tahun kita berpisah, aku benar-benar kehilangan sahabat baik, sejak kepindahanmu.

Sahabatmu,
Inaara
Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat pribadi tersebut adalah ...
A. Senang dapat bersilaturahmi denganmu via surat.
B. Kuharap kamu selalu dalam keadaan bahagia.
C. Hai, Anggi, bagaimana kabarmu sekarang?
D. Hai Inaara keluargamu baik-baik saja bukan?

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Terdapat kata/kalimat yang dirujuk dengan kata sesudahnya yaitu bagaimana kabarmu dirujuk dengan semoga kamu dan keluarga …


34. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi surat pribadi.
Indikator Soal : Disajikan kutipan surat pribadi, siswa dapat menentukan surat balasan yang tepat terhadap surat tersebut.
Soal :























Balasan surat pribadi di atas yang tepat adalah…

A. Bantul, 15 Mei 2010

Menemui Sahabatku Ita,
Jalan Tebet 16 Jakarta

Halo juga Ita,
Maaf sebelumnya sahabatku, bukannya aku melupakanmu karena punya teman baru. Kesibukanku saja yang membuatku lama membalasnya. Sekali lagi minta maaf ya.
Sahabatmu,
Ari

B. Bantul, 15 Mei 2010

Menemui Sahabatku Ari,
Jalan Tebet 16 Jakarta

Halo juga Ita,
Maaf sebelumnya sahabatku, bukannya aku melupakanmu karena punya teman baru. Kesibukanku saja yang membuatku lama membalasnya. Sekali lagi minta maaf ya.
Sahabatmu,

Ita
C
Jakarata, 15 Mei 2010

Menemui Sahabatku Ita,
Jalan Tebet 16 Jakarta

Halo juga Ita,
Maaf sebelumnya sahabatku, bukannya aku melupakanmu karena punya teman baru. Kesibukanku saja yang membuatku lama membalasnya. Sekali lagi minta maaf ya.
Sahabatmu,
Ari

D
Bantul, 15 Mei 2010
Menemui Sahabatku Ita,
Jalan Tebet 16 Jakarta

Halo juga Ita,
Maaf sebelumnya sahabatku, bukannya aku melupakanmu karena punya teman baru. Kesibukanku saja yang membuatku lama membalasnya. Sekali lagi minta maaf ya.
Sahabatmu,
Ita

Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Bahasa dalam surat pribadi dapat menggunakan bahasa yang baik walaupun secara kaidah bahasa Indonesia yang benar kurang tepat. Hakikat sebuah surat pribadi menyampaikan sesuatu informasi.



35. Kemampuan yang diuji : Menulis/melengkapi surat resmi
Indikator Soal : Disajikan sebuah surat resmi yang rumpang bagian tanggal surat dan isinya, siswa dapat melengkapinya.
Soal
Bacalah kutipan surat berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 31 dan 32!













Tanggal surat yang tepat untuk mengisi nomor (1) pada surat tersebut adalah ....
A. Jakarta, 12 Februari 2010
B. Jakarta, 12 Pebruari 2010
C. 12 Pebruari 2010
D. 12 Februari 2010
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Pada surat yang berkop penulisan tanggal surat tidak perlu menggunakan nama tempat lagi karena sudah terdapat pada kop surat tersebut. Tanggal surat tidak diakhiri dengan tanda baca apapun. Nama bulan tidak disingkat atau diganti dengan angka begitu pun tahunnya.

36. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi surat resmi
Indikator Soal : Disajikan kutipan surat resmi yang beberapa bagian dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tanggal surat yang tepat

SOAL :

Tanggal surat yang tepat untuk mengisi bagian nomor (1) pada surat tersebut....
A. 2 May 2010
B. Jakarta, 2 May 2010
C. 2 Mei 2010
D. Jakarta, 2 Mei 2010

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Penulisan tanggal pada surat resmi tidak perlu menyertakan nama kota karena pada surat resmi terdapat kop surat. Pada kop surat sudah tertera nama kota (keterangan tempat). Penulisan nama bulan yang sesuai dengan kaidah EYD adalah Mei.
Kata kunci : Penulisan May tidak cermat (jawaban A). Jawaban B, penulisan bulan cermat tetapi ada keterangan tempat. Jawaban C, penulisan cermat dan tanpa keterangan tempat. Jawaban D, tidak cermat karena ada keterangan tempat.


37. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi surat resmi.
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan isi surat berdasarkan ilustrasi kegiatan tersebut
SOAL :
OSIS SMP Sekar akan mengadakan Lomba Kebersihan. Ketua OSIS mengundang pengurus OSIS untuk rapat pembentukan panitia. Rapat tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Februari 2010, pukul 14.00 di Ruang OSIS.
Isi surat resmi yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah...
A. Kami mengharapkan kehadiran para pengurus OSIS SMP Sekar dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, Februari 2010
waktu : Pukul 13.00
tempat : Ruang OSIS
acara : Persiapan Lomba
B. Teman-teman pengurus OSIS SMP Sekar harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 5 April 2010
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang Rapat
acara : Pembentukan Ketua
C. Kami mengharapkan kehadiran pengurus OSIS SMP Sekar dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 5 Februari 2010
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang OSIS
acara : Pembentukan Panitia
D. Para pengurus OSIS Sekar harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 10 Februari 2010
waktu : Pukul 13.00
tempat : Ruang Media
acara : Persiapan Bakti Sosial

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Isi surat harus sesuai dengan ilustrasi. Cermati tanggal dikirim surat dengan tanggal kegiatan dilaksanakan. Cermati maksud isi surat, penulisan waktu, tempat, dan acara.
Kata kunci : Maksud surat mengundang; mengharap kehadiran, waktu; Sabtu, 10 Februari 2010, tempat; Ruang OSIS.

38. Kemampuan yang Diuji : Menulis/Menentukan rangkuman
Indikator Soal : Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas dua atau tiga paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut
SOAL :
Masker wajah memiliki banyak fungsi sesuai dengan jenisnya. Masker lumpur dapat mengurangi lemak. Masker coklat dapat melembabkan kulit wajah. Masker bengkuang menghilangkan noda hitam dan membuat kulit wajah lebih berseri.
Menggunakan masker wajah dapat menghaluskan dan menyehatkan wajah. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal. Pergunakan jenis masker sesuai dengan manfaat yang ingin kita peroleh.

Rangkuman bacaan tersebut adalah...
A. Masker membuat kulit wajah berseri.
B. Fungsi masker dan penggunaannya.
C. Gunakan masker sesuai dengan kulit.
D. Masker lumpur mengurangi lemak.

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Rangkuman adalah bentuk ringkas dari sebuah paragraf/wacana, tetapi tetap memuat informasi penting dari paragraf tersebut. Dengan merangkaikan makna kalimat-kalimat dalam paragraf, kemudian disusun dalam sebuah kalimat sederhana jadilah sebuah rangkuman. Urutan rangkuman bacaan mengikuti pola aslinya. Untuk membuat rangkuman, dapat kita lakukan dengan menarik gagasan-gagasan pokok dari setiap paragraf.
Kata kunci : masker memiliki banyak fungsi (paragraf pertama)…menggunakan masker wajah (paragraf kedua)…

39. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentuka slogan sesuai ilustrasi
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan slogan yang sesuai ilustrasi tersebut.
SOAL :
Untuk meningkatkan disiplin menjaga kebersihan lingkungan, OSIS SMP Idola mengadakan lomba kebersihan kelas.
Slogan yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah...
B. Jika semuanya bersih, hati ini bersih.
C. Lingkungan bersih, nyaman di hati
D. Ikuti lomba kesehatan sekolah kita.
E. Hijau lingkunganku, hijau sekolahku.

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu. Ciri kalimat slogan berima. Slogan harus sesuai dengan ilustrasi.
Kata kunci : Menjaga kebersihan lingkungan; lingkungan bersih, nyaman di hati.
40. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan slogan
Indikator Soal : Disajikan sebuah slogan yang penggunaan pilihan katanya tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.
Soal :
Perhatikan slogan berikut!

Di bumi damai untuk ketenangan di hati

Perbaikan terhadap slogan tersebut yang tepat adalah ….
A. Damai di hati tenang di bumi
B. Tenang di bumi tenteram di hati
C. Tenang di hati damai di bumi
D. Damai di bumi damai di hati

Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu. Ciri kalimat slogan berima.

41. SKL : Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama.

Kemampuan yang diuji : melengkapi kalimat petunjuk petunjuk rumpang.
Indikator :Disajikan petunjuk melakukan sesuatu yang beberapa kalimatnya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi dengan tepat.
SOAL
Petunjuk cara menanam pohon pisang
(1) Siapkan lubang berukuran 1 x 1 x 0,5 m
(2) Masukkan humus setebal 10 cm.
(3) … .
(4) Tutuplah bonggol pisang dengan tanah
(5) Padatkan tanah perlahan-lahan
(6) Siramlah pohon pisang

Kalimat petunjuk yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah … .
A. Masukkan pohon pisang
B. Taburkan pupuk secara merata
C. Carilah tanah yang gembur
D. Letakkan daun pisang
Jawaban : A

42. SKL : Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama.

Kemampuan yang diuji: menyusun kalimat petunjuk yang belum padu/runtut..
Indikator :Disajikan beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat.

SOAL
Petunjuk cara mencangkok pohon jambu
1). Kupas kulit antara 20-25 cm
2). Ikat kedua ujungnya
3). Beri tanah yang gembur
4). Tutup dengan plastik atau sabut
5). Pilihlah cabang yang pernah berbuah

Kalimat acak tersebut akan menjadi petunjuk yang tepat bila disusun dengan urutan … .
A. (4) – (1) – (3) – (5) – (2)
B. (3) – (1) – (5) – (2) – (4)
C. (2) – (4) – (5) – (1) – (3)
D. (5) – (1) – (3) – (4) – (2)

Jawaban : D


43. SKL : Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama

Kemampuan yang diuji : Menentukan petunjuk berdasarkan konteks.
Indikator : Disajikan beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat.


SOAL
Ambil dua piring nasi.Bumbu dihaluskan.Tumis hingga harum. Masukkan nasi Aduk sampai merata dan angkat.Telur dikocok, digoreng, tiriskan. dibuat irisan tipis-tipis, dan hidangkan nasi dengan telur goreng hangat-hangat.
Paragraf di atas merupakan petunjuk membuat ... .
A. telur dadar
B. bumbu tumis
C. nasi goreng
D. bumbu nasi goreng
Jawaban : C

44. SKL : Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama

Kemampuan yang diuji : Melengkapi bagian pembuka, isi, atau penutup teks pidato.
Indikator : Disajikan sebuah teks pidato yang dirumpangkan bagian pembuka, isi atau penutupnya, siswa dapat melengkapinya dengan tepat.

SOAL
Assalamu’alaikum wr. wb
Yth. Pengurus Karang Taruna Sido Makmur
Teman-teman anggota karang taruna yang saya banggakan.
Pertama dan utama marilah kita memanjatkan rasa syukur ke-Hadirat Allah SWT atas Akut dan hidayah-Nya kita dapat dipertemukan di tempat ini dalam keadaan sehat, walafiat.
Pada kesempatan ini teman-teman saya kumpulkan untuk kita ajak membahas program kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-65. Melihat pada kegiatan yang telah berlalu dapat melaksanakan program dengan baik. Oleh karena itu, saya berharap untuk kegiatan tahun ini akan lebih baik lagi. Saya mengharapkan kepada teman-teman masukan dan musyawarah untuk membuat program kegiatan peringatan HUT RI ke-65 ini nanti dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan keputusan yang optimal.
Penutup pidato yang tepat untuk melengkapi teks pidato di atas adalah . . . .
A. Saya mohon anda sungguh-sungguh, dan mengikuti acara ini sampai selesai.
B. Saya harapkan semua dapat ikut berperan demi suksesnya acara ini.
C. Demikian yang bisa saya sampaikan mohon maaf atas segala kekurangan. Wassalamu’alaikum wr. wb.
D. Teman-teman bisa bermusyawarah sekarang juga
Jawaban : C


45. Standar Kompetensi Kelulusan
Menulis karangan non sastra dengan menggunakan kosakata yang
bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat
pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan
poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta
menulis karya sastra puisi dan drama.

Kemampuan yang diuji
Menulis/melengkapi kutipan pidato
Indikator
Disajikan teks pidato yang dirumpangkan bagian pembuka, isi, atau
penutupnya, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
Soal
Perhatikan kutipan pidato berikut ini
………………………………………………………………………
Saudara sekalian para peserta upacara yang saya hormati.

Itulah sekilas tentang gambaran kinerja pembangunan pendidikan kita.
Kita berharap apa yang kita upayakan bersama tersebut merupakan langkah maju bagi bangsa Indonesia dalam mewujudkan amanat UUD 1945. Kita menyadari bahwa perjalanan untuk mencapai tujuan tersebut itu masih panjang dan memerlukan kerja keras yang terus-menerus.
Insya Allah, pada saatnya nanti, bangsa kita akan sampai pada tujuan, sebagaimana cita-cita dan amanat tersebut.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin mengajak semua pihak, terutama seluruh pemangku kepentingan pendidikan yang selama ini terlibat dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan, untuk terus berjuang membangun manusia Indonesia melalui penyediaan layanan pendidikan yang bermutu dan terjangkau oleh seluruh segenap lapisan masyarakat. Akhirnya, marilah kita jadikan peringatan Hardiknas tahun ini sebagai semangat untuk terus membangun peradaban bangsa Indonesia sehingga menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu, dan mampu bersaing dalam kancah pergaulan dunia internasional.

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Terima kasih
Wasaalamu 'alaikum WaAkutullahi Wabarakatuh

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian penutup pidato yang rumpang pada kutipan teks pidato di atas adalah …
a. Dirgahayu Pendidikan Nasional. Selamat memperingati hari Pendidikan Nasional, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberkahi bangsa Indonesia. Amin
b. Selamat Hari Ulang Tahun Pendidikan Nasional. Semoga
pendidikan di Indonesia bertambah maju sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Amin
c. Dirgahayu HUT Pendidikan Nasional. Kita lestarikan hari Pendidikan Nasional setiap tanggal 2 Mei. Semoga pendidikan di Indonesia lebih maju dan mampu bersaing dengan bangsa – bangsa lain. Amin
d. Jayalah HUT Pendidikan Nasional. Melalui hari Pendidikan Nasional kita tingkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Kunci jawaban : A
Pembahasan :
Jawaban yang tepat untuk melengkapi kutipan teks pidato yaitu a dengan kata Dirgahayu Pendidikan Nasional, bukan selamat HUT Pendidikan Nasional, dirgahayu HUT Pendidikan Nasional, atau jayalah HUT Pendidikan Nasional.

46. Standar Kompetensi Kelulusan
Menulis karangan non sastra dengan menggunakan kosakata yang
bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama.
Kemampuan yang diuji
Menulis/melengkapi kutipan pidato
Indikator
Disajikan teks pidato yang struktur kalimat tidak tepat, siswa dapat
menentukan perbaikannya
Soal
Perhatikan kutipan teks pidato berikut :
…………………………………………………………………..
Bapak – bapak dan ibu – ibu guru yang berbahagia,
Setelah tiga tahun kami mendapatkan ilmu di sekolah ini, tentunya banyak pula yang telah kami dapatkan. Dari yang tadinya tidak tahu, kami pun menjadi tahu. Itu semua karena jasa guru. Perubahan tingkah laku pun kami dapatkan di sini. Jasa bapak dan ibu begitu besar dan berarti bagi kami, rasanya kami enggan untuk meninggalkan sekolah ini. Tapi, ada sebuah tugas besar yang telah menanti kami. Ada cita – cita luhur yang harus kami raih. Kami harus meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk itu, izinkanlah kami meninggalkan sekolah ini, dan dengan hati berat kuucapkan selamat tinggal kepada bapak dan ibu guru.
Demikian pidato kami, atas perhatiannya kami menghaturkan beribu – ribu terima kasih.
Wassalamu ‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Kalimat yang tepat untuk memperbaiki penulisan kalimat penutup pidato bercetak miring di atas adalah …
A. Demikian dari kami, atas segala salah dan kekeliruan kami
mengucapkan beribu mohon maaf dan terima kasih atas segalanya.
B. Demikianlah pidato sambutan kami, atas perhatian Bapak – bapak
dan Ibu – ibu guru, kami mengucapkan terima kasih.
C. Atas perhatian bapak – bapak dan ibu – ibu, kami menghaturkan
terima kasih.
D Kami menghaturkan terima kasih atas perhatian bapak dan ibu guru.

Kunci jawaban : B
Pembahasan :
Jawaban yang tepat untuk memperbaiki kalimat penutup pidato
Tersebut adalah b, bukan jawaban yang masih terdapat kata dari
bahasa jawa (menghaturkan) dan kata berlebihan(beribu mohon)

47. Standar Kompetensi Kelulusan
Menulis karangan non sastra dengan menggunakan kosakata yang
bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat
pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan
poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta
menulis karya sastra puisi dan drama.

Kemampuan yang diuji
Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya
ilmiah, latar belakang karya ilmiah)
Indikator
Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan
masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema
Soal
Tema : Dampak positif dan negatif konversi minyak tanah ke gas.
Rumusan masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema di atas
adalah ….
A. Apakah dampak positif dan negatif konversi minyak tanah ke gas ?
B. Berapakah dampak positif dan negatif konversi minyak tanah ke gas ?
C. Mengapa konversi minyak tanah ke gas menimbulkan dampak positif dan negatif ?
D. Bagaimana dampak positif dan negatif konversi minyak tanah ke gas?

Kunci jawaban : A
Pembahasan :
Jawaban yang tepat rumusan masalah karya ilmiah tersebut adalah a, bukan berapa , mengapa, atau bagaimana.
48. Standar Kompetensi Kelulusan
Menulis karangan non sastra dengan menggunakan kosakata yang
bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat
pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan
poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta
menulis karya sastra puisi dan drama.

Kemampuan yang diuji
Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya
ilmiah, latar belakang karya ilmiah)

Indikator : disajikan paragraf laporan karya ilmiah, siswa dapat menentukan simpulan berdasarkan laporan karya ilmiah
Soal :
Di dalam satu batang rokok terdapat kandungan berbagai racun yang dapat membahayakan tubuh manusia. Salah satu racun yang berbahaya adalah racun tar dan nikotin. Bagi perokok pemula, mereka akan mengalami gangguan batuk, mual, dan sedikit pening. Dalam kurun waktu tertentu, perokok berat bisa mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius, antara lain penyempitan pembuluh darah sehingga sulit bernapas, terkena penyakit kanker, dan lain – lain. Perokok pasif justru merupakan korban yang paling berbahaya karena mereka langsung menghirup asap rokok para perokok aktif.

Simpulan yang paling tepat berdasarkan paragraf laporan karya ilmiah
tersebut di atas adalah …
A. Tar dan nikotin merupakan racun yang membahayakan tubuh manusia.
B. Gangguan – gangguan yang diderita para perokok akibat racun tar dan nikotin.
C. Perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif karena langsung menghirup asap rokok.
D. Kandungan racun rokok yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan bagi perokok aktif dan pasif.


Kunci jawaban : D
Pembahasan :
Jawaban simpulan yang tepat paragraf laporan karya ilmiah tersebut
adalah d, karena sudah mencakup keseluruhan isi paragraph itu,
sedangkan yang lain masing merupakan bagian – bagian isi paragraf.

49. SKL : Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama

Kemampuan yang diuji: Menentukan saran berdasarkan simpulan.
Indikator : disajikan simpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan saran berdasarkan simpulan karya ilmiah.
SOAL
Kesimpulan dari sebuah karya ilmiah berjudul “Pencemaran di Sungai Pamali”
- Pencemaran di Sungai Pamali sangat memrihatinkan.
- Banyak pabrik yang membuang limbah industri di Sungai Pamali.
- Beberapa warga menderita sakit gatal-gatal bila mandi di Sungai Pamali.
- Pemda Brebes belum menanggapi keluhan warga.
Saran yang tepat dari kesimpulan di atas adalah... .
A. Pemda Brebes perlu menanggapi keluhan warga.
B. Pabrik-pabrik perlu dikembangkan di Kabupaten Brebes.
C. Penduduk jangan mandi di Sungai Pamali.
D. Pabrik-pabrik perlu dipindah ke lain daerah.
Jawaban : A

50. SKL : Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama

Kemampuan yang diuji: Menentukan penulisan daftar pustaka berdasarkan data buku.
Indikator : Disajikan data buku siswa dapat menentukan penulisan daftar pustaka.

SOAL
Penulisan daftar pustaka yang benar dari buku berjudul Argumentasi karya Mardi Lestari tahun terbit 2008, yang diterbitkan oleh Aji Pustaka dari Jakarta adalah... .
A. Lestari, Mardi. Argumentasi.2008. Aji Pustaka; Jakarta.
B. Lestari, Mardi.2008. Argumentasi. Jakarta: Aji Pustaka.
C. Mardi,Lestari.2008. Argumentasi. Aji Pustaka; Jakarta.
D. Lestari, Mardi.2008. Argumentasi. Aji Pustaka; Jakarta.
Jawaban : B

51. SKL : Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama

Kemampuan yang diuji: Memperbaiki ejaan , tanda baca, pilihan kata, atau kalimat tidak efektif.
Indikator : Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.
SOAL
Para bapak-bapak dan ibu-ibu yang sangat saya hormati, mohon berdiri.
Perbaikan yang tepat dari kalimat tidak efektif di atas adalah... .
A. Para bapak dan ibu yang sangat saya hormati mohon berdiri.
B. Para bapak dan ibu yang saya hormati mohon berdiri..
C. Para bapak dan ibu yang saya hormati mohon berdiri.
D. Para bapak dan ibu yang saya hormati mohon berdiri.

Jawaban : D

52. SKL : Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama
:
Kemampuan yang diuji : Membuang/mengganti kalimat tidak padu.
Indikator : Disajikan kalimat tidak padu dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikannya.
SOAL
Tembok kamarku berwarna biru laut, ukuranyya 4 X 4 m. Kipas angin terpasang di atas. Di kanan kiri tembok ada beberapa lukisan pemandangan alam. Almari berwarna coklat tua terletak di sudut kamar. Ada meja belajar yang menarik, tempat tidur berwarna biru laut. Ibu memang suka kegemaranku. Kamarku memang sangat menyenangkan.
Kalimat tidak padu dari paragraf di atas adalah... .
A. Tembok kamarku berwarna biru laut.
B. Kipas angin terpasang di atas.
C. Almari berwarna coklat tua terletak di sudut kamar.
D. Ibu memang suka kegemaranku.
Jawaban : C

Standar Kompetensi Lulusan : Menulis karya sastra pantun
Kompetensi yang diuji : Melengkapi sampiran/isi pantun rumpang
Indikator : Disajikan pantun yang isinya dirumpangkan, siswa dapat
melengkapi dengan tepat.
Soal:

53. Lengkapilah pantun rumpang berikut ini
Nenek pergi ke pasar Bumu,
Membeli baju untuk si Bintar
………………………………
………………………………

Isi yang tepat untuk melengkapi pantun pendidikan di atas adalah … .

A. Giatlah membaca tuk tambah ilmu,
Agar kamu jadi anak pintar.
B. Kakak pergi ke sekolah,
Tak lupa membawa buku.
C. Ingatlah ajaran Tuhanmu,
Jadilah kau anak sabar.
D. Kalau berlaku jaga hatimu,
Agar hati tidaklah gusar.
Kunci jawaban : A
Pembahasan : Jawaban A merupakan pantun pendidikan karena merupakan
ajakan untuk menambah ilmu supaya pintar
Jawaban B bukan isi melainkan sampiran
Jawaban C merupakan pantun keagamaan karena berupa nasihat untuk selalu ingat akan Tuhan
Jawaban D merupakan pantun nasihat.


54. Standar Kompetensi Lulusan : Menulis karya sastra pantun
Kompetensi yang diuji : Menentukan pantun berdasarkan konteks
Indikator : Disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat enentukan
pantun yang sesuai ilustrasi tersebut.

Soal :
Ilustrasi: Siska seorang anak yang selalu berlaku dan berkata-kata jujur. Oleh karena
itu, ia mempunyai banyak teman.

Pantun yang paling sesuai untuk ilustrasi di atas adalah … .
A. Asam hadis asam gelugur
Ketiga asam riang-riang.
Menangis di pintu kubur,
Teringat kata-kata bohong.

B. Ambil gajah mandi di sumur,
Ambil galah berjumlah empat
Selalulah kamu berkata jujur,
Agar teman menjadi sobat

C. Pohon Asam berdiri kokoh,
Buahnya dipetik setiap sabat
Jangan lakukan tindakan bodoh
Kalau mau punya sobat

D. Elok rupa pohon belimbing
Tumbuh di dekat pohon kelapa
Tak baik jadi orang sombong,
Tak ada sobat datang menyapa

Kunci jawaban : B
Pembahasan : Jawaban B merupakan jawaban karen di antara keempat pilihan yang paling sesuai dengan isi yang terdapat dalam ilustrasi di atas. Pada bagian isi pantun ada nasehat untuk selalu berkata jujur dan akibat dari bertindak jujur, yakni punya teman/ sobat.

Standar Kompetensi Lulusan : Menulis karya sastra pantun
Kompetensi yang diuji : Menentukan pantun balasan
Indikator : Disajikan sebuah pantun, siswa dapat menentukan pantun
balasan yang tepat

Soal :

55. Perhatikanlah pantun di bawah ini!

Ayah hendak ke Jakarta,
Sebelumnya dari Yogya ke Kenya
Gadis cantik di depan mata,
Boleh kutahu siapa namanya

Pantun balasan yang paling sesuai dengan pantun di atas adalah … .
A. Buah Manggis dari Pak Wawan
Dibeli ibu dengan harga mahal
Aduh Akang gagah rupawan
Siti lah nama gadis pujaan

B. Kalau puan, puan cerana
Ambil gelas dalam peti
Kalau tuan bijaksana
Pastilah tuan berani mati

C. Buah pisang di pasar Blauran
Harga murah tak perlu diragukan
Wahai kamu orang tampan
Janganlah suka pamer ketampanan

D. Saya Nurbaya dari tanah Minang
Bila akang ingin berkenalan
Pastilah kusambut dengan riang
Tak perlu takut ataupun sungkan

Kunci jawaban : A
Pembahasan : Jawaban B merupakan jawaban bentuknya sesuai dengan
ketentuan pantun yang terdiri dari bagian isi dan sampiran.
Ditinjau dari jenisnya berupa pantun perkenalan yang sesuai
menjadi balasan dari pantun di atasnya.

56. Standar Kompetensi Lulusan : Menulis karya sastra puisi
Kompetensi yang diuji : Melengkapi puisi dengan larik bermajas/pilihan kata
Indikator : Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat
melengkapi pusi tersebut dengan pilihan kata yang tepat
Soal :
Bacalah puisi di bawah ini!

Matahari begitu menyengat
Sampai-sampai angin sepoi tak mampu menyejukkan badanku
Asap hitam mengepul, tiada kuhiraukan
Beginilah nasib penjual koran di simpang lima

………………………..
…………………………………
………………………………………….
………………………………………………

Puisi yang tepat untuk melengkapi puisi di atas … .

A. Badan panas dan dingin tiada lagi kuhiraukan
Demi menantap hari esok kuberangkat ke sekolah
Bergelut dengan berlembar-lembar kertas ujian di hadapanku.

B. Angin kembali bertiup sepoi-sepoi
Aku hanya duduk di bawah pohon kelapa
Menikmati indahnya pemandangan di sekitarku

C. Aku bersyukur sekalipun panas begitu terik
Tak mampu mematahkan semangatku
Ku ketuk kaca-kaca mobil sambil kutawarkan daganganku

D. Lima ribu … lima ribu
Kusibuk menawarkan dagangan asonganku
Sekalipun aku terasa lelah.


Kunci jawaban : C
Pembahasan : Jawaban C merupakan jawaban yang paling tepat bila
dibandingkan dengan jawaban yang lain. Sekalipun tidak
menyebutkan dagangan yang dijual. Selain itu, aktifitas yang
nampak dalam teks itu mencerminkan aktifitas yang dilakukan oleh pedangang koran.

57.
Standar Kompetensi Lulusan : Menulis karya sastra puisi dan drama
Kemampuan yang diuji : Menentukan puisi berdasarkan konteks (ilustrasi
pengalaman, gambar)
Indikator : Disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat
menentukan puisi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut

Soal :
Ilustrasi
Ku berdiri terpaku di tepi pantai. Melihat keindahan alam di sekitarnya. Burung-burung berkicau merdu. Matahari pagi mulai bersinar dari arah timur. Pagi pun mulai datang. Seperti hatiku yang penuh keceriaan.

Puisi yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ….
a. Ketika mentari terbit di ufuk timur
Kulihat panorama yang indah dan permai
Suara burung berkicau nan merdu
Mengingatkanku pada hari yang ceria
Mentariku yang bersinar
Mentariku yang dating

b. Aku kagum memandang burung-burung
Beterbangan kian kemari
Mengelilingi pantai di pagi hari
Gelombang ombak bertautan
Menyambut hatiku yang gembira

c. Pantai yang indah permai
Ombakmu memecah berderai
Semilir angin membelai rambutku
Hati ini slalu merindukanmu

d. Pagi yang cerah
Sinarmu begitu indah
Seindah senyum mentari
Menyinari bumi sepanjang hari
Tak henti memanasi bumi
Bumi pertiwi seakan bernyanyi

Kunci jawaban : A

Pembahasan : Jawaban a sudah menggambarkan seluruh ilustrasi
sedangkan jawaban b ada kata gelombang yang tidak
melukiskan ilustrasi di atas, begitu juga jawaban c,
jawaban d tidak sesuai dengan ilustrasi karena
melukiskan keindahan bumi pertiwi

58.
Standar Kompetensi Lulusan : Menulis karya sastra drama
Kemampuan yang diuji : Melengkapi naskah drama
Indikator : Disajikan kutipan drama yang dialognya
dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan
tepat

Soal :
Bacalah teks drama di bawah ini!
Ibu : (sambil membaca buku) “Kamu tidak belajar, Mila?”
Kamila : (bermalas-malasan di depan TV) “Tanggung, Bu, sebentar lagi.”
Ibu : “Acara apa, sih, yang kamu lihat? Kelihatannya menarik sekali.”
Kamila : “ Sinetron, Bu. Ceritanya seru, nih.”
Ibu : “Tapi ini sudah pukul delapan. Besok, kan bukan hari libur.”
Kamila : …………………………………………………………………………………………………
Ibu : (berdiri mematikan televise) “Sekarang sinetronnya sudah selesai. Belajar dulu
Sana!”
Kamila : (ngambek) “Ah, Ibu gitu, sih?”
Ibu : “Mila, televisi itu salah satu fungsinya memang untuk hiburan. Tapi kamu
harus dapat membagi waktu agar belajarmu tidak terganggu. Apalagi sinetron
yang kamu lihat tadi kan, belum sesuai dengan usiamu. Jangan begitu, dong!”
Kamila : “Teman-teman Kamila juga melihat sinetron itu, Bu. Nanti Mila bisa
ketinggalan cerita.”
Ibu : “Mila, televisi itu hasil teknologi. Dia bisa membantu, tapi juga bisa menggang
gu kita. Nah, kalau kamu tidak pandai memilih acara, atau menonton lupa
waktu, dia bisa mengganggumu! Ibu tidak suka kalau Mila begitu! Sana,
belajar dulu!”
Kamila : (Masih dengan malas dia berdiri dan menuju kamarnya)”Ya, Bu.”

Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog yang rumpang adalah ….
A. “Besok tidak ada ulangan, Bu.”
B. “Tanggung, Bu sinetronnya seru.”
C. “Boleh dong, Bu, Mila tidur malam.”
D. “ Ah, Ibu. Sebentar juga selesai.”

Kunci jawaban : D

Pembahasan : Jawaban sudah jelas karena kita dapat melihat dari
dialog berikutnya yang dikatakan ibu bahwa sekarang
sinetron sudah selesai.

59
Standar Kompetensi Lulusan : Menulis karya sastra drama
Kemampuan yang diuji : Menentukan drama berdasarkan konteks
Indikator : Disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat
menentukan drama yang tepat berdasarkan ilusrasi
tersebut

Soal :
Ilustrasi :
Naswa tampak ceria karena hari ini, dia berulang tahun yang ke-12. Gaun yang dikenakan sangat indah. Satu demi satu teman yang diundang mulai berdatangan. Mereka
memberi kado sambil mengucapkan selamat ulang tahun.
Tiba-tiba sahabat dekatnya tanpa diduga menyiram Naswa dengan minuman bersoda. Alangkah terkejutnya Naswa melihat gaunnya basah kuyup.

Drama yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah ….
a. Naswa : “ Nay, apa yang kamu lakukan padaku?”
Nayla : “Nggak, aku tidak melakukan apa-apa”
Naswa : “Betul tidak ada yang kau sembunyikan.:
Nayla : “Betul kok, Wa. Aku hanya mau memberimu kado ini.”
b. Naswa : “Hai, Nay, selamat datang.”
Nayla : “Selamat ulang tahun, ya, Naswa.”
Naswa : “Terima kasih. Kamu kelihatan cantik memakai gaun itu.”
Nayla : “Kamu juga cantik dengan gaun itu.”
c. Naswa : “Hah, gaunku basah! Padahal hari ini kan hari istimewaku.
Nayla : “Kejutan selamat ulang tahun ya, Wa.”
Naswa : “Ah, kamu ini ada-ada saja merusak pestaku.”
Nayla : “Maaf ya ini memang rencana kami untuk pestamu.”
d. Naswa : “Surprise aku punya kado special untukmu.”
Nayla : “ Terima kasih sahabatku.”
Naswa : “Tapi aku masih punya satu kado special untukmu.” (sambil
menumpahkan minuman bersoda ke baju Nayla)
Nayla : “Dasar kau memang sahabatku yang paling usil.”

Kunci jawaban : C

Pembahasan : Jawaban a dan b tidak sesuai dengan ilustrasi sedangkan jawaban d tidak tepat karena yang berulang tahun Nayla bukan Naswa


60
Standar Kompetensi Lulusan : Menulis karya sastra drama
Kemampuan yang diuji : Menyunting penulisan drama.
Indikator : Disajikan kutipan drama yang penulisannya salah,
siswa dapat menunjukan perbaikan yang tepat.

Soal :
Perhatikan penulisan kutipan drama di bawah ini!
Paijo berjalan sambil mengelap mukanya dan menuju ke meja tamu untuk membersihkan meja.
Paijo : “Cemberut. Beginilah nasib pembantu di zaman canggih ini. Bayangkan!
Malam-malam disuruh bersih-bersih. Padahal tadi saya lagi mimpi ketemu
sama Cinta Laura...”

.
Penulisan naskah drama yang tepat adalah ....
A. (Paijo berjalan sambil mengelap mukanya dan menuju ke meja tamu untuk membersihkan meja).
Paijo : “Cemberut. Beginilah nasib pembantu di zaman canggih ini. Bayangkan!
Malam-malam disuruh bersih-bersih. Padahal tadi saya lagi mimpi ketemu
sama Cinta Laura.”

B. Paijo : (Paijo berjalan sambil mengelap muka dan menuju ke meja tamu
untuk membersihkan meja.)
“Beginilah nasib pembantu di zaman canggih ini.
Bayangkan! Malam-malam disuruh bersih-bersih. Padahal tadi saya
lagi mimpi ketemu sama Cinta Laura .” (Wajahnya cemberut).

C. (Paijo berjalan sambil mengelap mukanya dan menuju ke meja tamu untuk membersihkan meja).
Paijo : (Cemberut). “Beginilah nasib pembantu di zaman canggih ini.
Bayangkan! Malam-malam disuruh bersih-bersih. Padahal tadi saya
lagi mimpi ketemu sama Cinta Laura.”

D. Paijo ; (Berjalan sambil mengelap muka dan menuju ke meja tamu
untuk membersihkan meja. Wajahnya cemberut). “Beginilah nasib
pembantu di zaman canggih ini. Bayangkan! Malam-malam disuruh
bersih-bersih. Padahal tadi saya lagi mimpi ketemu sama Cinta Laura.”

Kunci jawaban : B
Pembahasan soal : Jawaban B betul karena penulisan adegan ditulis dalam kurung dan bercetak miring sedangkan jawaban A penulisan kata cemberut seharusnya diberi tanda kurung karena berupa adegan yang tidak diucapkan. Jawaban C adegan penulisannya tidak bercetak miring dan jawaban D penulisannya tidak menggunakan titik dua tetapi menggunakan titik koma